Ada Peningkatan COVID-19, Vaksinasi di Jatim Dipercepat

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Jumat, 11 Februari 2022
0 dilihat
Ada Peningkatan COVID-19, Vaksinasi di Jatim Dipercepat
Salah satu kegiatan vaksinasi di Jatim. Foto: Ist

" Vaksinasi di Jawa Timur (Jatim) mulai dipercepat, mengingat hampir tiap harinya terjadi lonjakan kenaikan pandemi COVID-19 "

SURABAYA, TELISIK.ID - Vaksinasi di Jawa Timur (Jatim) mulai dipercepat, mengingat hampir tiap harinya terjadi lonjakan kenaikan pandemi COVID-19.

"Saat ini pasien COVID-19 di Jawa Timur memang mengalami kenaikan. Meskipun kenaikan itu cenderung didominasi oleh pasien-pasien tanpa gejala atau gejala ringan, tapi rata-rata mereka yang dirawat dengan gejala sedang dan berat adalah Lansia dan pasien komorbid," ujar Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawangsa, Jumat (11/2/2022).

Lebih lanjut Khofifah menyebutkan, komorbid utama yang biasanya terjadi pada pasien-pasien tersebut adalah diabetes, hipertensi dan gagal jantung.

"Memang masih ada komorbid lain seperti asthma, penyakit ginjal, TBC, obesitas, ataupun stroke. Tapi penyakit-penyakit ini jumlahnya jauh lebih kecil dibanding dengan diabetes, hipertensi dan gagal jantung. Maka, jangan anggap remeh komorbid ini," terangnya.

Baca Juga: Pelaksanaan Vaksin di SDN 3 Lawa Mubar Tak ada Paksaan

Khofifah menjelaskan, vaksinasi bukanlah sesuatu yang harus ditakutkan untuk orang-orang dengan penyakit tertentu. Ia kemudian menyarankan, agar mereka yang masih khawatir untuk berkonsultasi dengan dokter terdekat.

"Saya ingin meminta agar para Lansia dan orang dengan komorbid yang sudah bisa divaksin, untuk segera vaksin. Apabila masih ragu-ragu, bisa konsultasi ke dokter terdekat untuk mengonfirmasi apakah sudah boleh divaksin atau belum," tuturnya.

Baca Juga: Jubir Satgas COVID-19 Buton Utara Positif COVID-19

Sebagai informasi, sasaran vaksinasi di Jatim berjumlah 31.826.206 orang. Saat ini, vaksinasi dosis pertama telah mencapai 88,67%, dosis kedua telah mencapai 66,68%, sedangkan dosis ketiga baru mencapai 3,30%. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga