adplus-dvertising

Ada Pertemuan Mesra Presiden China dan Presiden AS, Bahas Apa?

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 16 November 2021
755 dilihat
Ada Pertemuan Mesra Presiden China dan Presiden AS, Bahas Apa?
Presiden China, Xi Jinping bersama Presiden Amerika, Joe Biden. Foto: Repro Blomberg

" Presiden China Xi Jinping menyebut Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden sebagai kawan lama dalam temu virtual dan diskusi singkat "

BEIJING, TELISIK.ID - Presiden China Xi Jinping menyebut Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden sebagai kawan lama dalam temu virtual dan diskusi singkat, yang berlangsung Senin (15/11/2021) malam waktu setempat.

Mengutip dari AFP, Biden bicara menyampaikan kepada Jinping penguatan hubungan antara kedua negara di tengah isu ketegangan kawasan.

"Tampak bagi saya bahwa tanggung jawab kita sebagai pemimpin China dan Amerika Serikat untuk memastikan bahwa kompetisi antara negara kita jangan sampai mengarah ke konflik, disengaja maupun tidak. Sederhana saja, sebatas kompetisi," tutur Biden.


Biden kemudian berharap pembicaraan ini menjadi diskusi yang jujur tanpa ada embel-embel lain.

Di Beijing melalui layar komunikasi virtual, Jinping menanggapi Biden dengan menyebutnya sebagai kawan lama.

"Kita menghadapi banyak tantangan bersama. Sebagai dua negara dengan ekonomi terbesar dan anggota tetap Dewan Keamanan PBB, China dan AS, harus meningkatkan komunikasi dan kerja sama," tutur Jinping.

Baca Juga: Hilang Sebulan, Kim Jong Un Tiba-Tiba Muncul dalam Kondisi Begini

Baca Juga: Presiden Bakal Libatkan 1.000 Militer Tenangkan Penjara

Dilansir Cnnindonesia, kedua pemimpin juga menekankan kebutuhan kerja sama antara kedua negara untuk menangani isu global seperti COVID-19 dan perubahan iklim.

Jinping pun menyebut hubungan yang aman dan stabil antara China-AS amat dibutuhkan untuk menjaga lingkungan internasional yang aman dan stabil.

Jinping sendiri sudah dua kali berkomunikasi secara virtual sejak Biden dilantik sebagai Presiden AS. Namun, Jinping masih enggan mengunjungi AS karena pandemi COVID-19. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga