Adab Ketika Melihat Sesuatu yang Mengagumkan

Haerani Hambali, telisik indonesia
Jumat, 02 September 2022
0 dilihat
Adab Ketika Melihat Sesuatu yang Mengagumkan
Mengagumi ciptaan Allah ada adab dan doanya. Foto: Repro Islampos.com

" Islam mengatur adab ketika melihat sesuatu yang indah atau mengagumkan. Tak hanya sekedar mengagumi, ada adab yang harus diikuti "

Islam mengatur adab ketika melihat sesuatu yang indah atau mengagumkan. Tak hanya sekedar mengagumi, ada adab yang harus diikuti.

Dilansir dari Islampos.com, berikut ini adab ketika melihat ciptaan Allah SWT yang mengagumkan.

1. Mengucapkan, “Masya Allah Laaquwwata illaa billaah." Artinya: "Sesuatu dikehendaki Allah. Tiada kekuatan selain kekuatan Allah." (HR Ibnu Sunni).

2. Mengucapkan, “Tabaara kallaah” atau “Allahu yu baari ku ka” (Semoga Allah memberkati. Yakni Allah memberkati sekalian dan apa yang telah dianugerahkan).

Doa di atas diucapkan ketika seseorang merasa kagum atas sesuatu karena takut kalau-kalau hal ini akan menjadikannya iri.

Baca Juga: 10 Nabi yang Miliki Kisah Hidup di Palestina

Mengutip Detik.com, doa lain yang bisa diucapkan ketika melihat sesuatu yang mengagumkan adalah mengucapkan hamdallah atau mengucapkan doa seperti yang tercantum dalam Al-Qur'an dan hadis.

1. Hadis Ibnu Majah

Doa ini diambil dari hadis sahih yang diriwayatkan Ibnu Majah. Bacaan doa simpel sehingga mudah diingat siapa saja yang hendak membacanya.

Alhamdulillahilladzii bini'matihi tatimmushshalihaat

Artinya: Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya bisa sempurna segala kebajikan. (HR Ibnu Majah).

Baca Juga: Besok, Jadwal Puasa Asyura yang Punya Keutamaan Menghapus Dosa Kecil

2. Bersumber dari Al-Qur'an

Doa ini diambil dari Al-Qur'an surat Ali Imran ayat 191. Sama seperti doa sebelumnya, ayat ini sangat sederhana sehingga mudah diingat.

Rabbanaa maa khalaqta haazaa baatilaa subhaanaka fa qinaa 'azaaban-naar

Artinya: "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka." (C)

Penulis: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga