Agar Rezeki Suami Lancar, Istri Lakukan 7 Amalan Ini

Haerani Hambali, telisik indonesia
Selasa, 02 November 2021
0 dilihat
Agar Rezeki Suami Lancar, Istri Lakukan 7 Amalan Ini
Istri merupakan kunci mengalirnya rezeki bagi suami. Foto: Repro Kumparan.com

" Amalan istri agar rezeki suami lancar, simak ulasanya dibawah ini "

Kendari, TELISIK.ID - Saat memasuki gerbang rumah tangga, setiap suami tentu mengharapkan mendapatkan istri yang shalihah. Sebab istri shalihah sangat menentramkan hati dan membawa kebaikan bagi suami dan anak-anaknya.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam Bersabda: “Sebaik-baik perhiasan dunia adalah istri yang shalihah.” (HR Muslim).

Selain itu, istri merupakan ‘kunci’ mengalirnya rezeki bagi suami. Apa saja amalan istri agar rezeki suami lancar? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Journal of Social and Personal Relationship mencatat, siapapun yang telah menikah akan tahu bahwa dibutuhkan keterampilan tertentu untuk menjaga agar kapal perkawinan tetap mengapung di perairan yang terkadang berombak.

Berikut ini amalan istri agar rezeki suami lancar, seperti dilansir dari orami.co.id.

1. Bersyukur

Istri yang shalihah wajib mensyukuri apa yang telah didapatkan suami baik sedikit maupun banyak. Sebab, apa yang diberikan suami adalah rezeki dari Allah ta'ala.

Jangan memaksakan kehendak atau menuruti hawa nafsu. Jangan sampai rezeki yang didapatkan tidak halal karena hanya ingin memuaskan nafsu.

Baca Juga : Amalan dan Doa Agar Segera Dipertemukan dengan Jodoh

2. Bertawakal kepada Allah ta'ala

Tawakal kepada Allah subhanahu wa ta'ala adalah cara terbaik untuk meraih rezeki dan nikmat dari-Nya. Seorang istri hendaknya Bertawakal kepada allah, yakni pasrah dan tidak berburuk sangka atas segala ketentuan allah atas dirinya. Karena dengan amalan ini, akan menambah nikmat dan melancarkan rezeki suami.

Allah berfirman: “Dan siapa yang bertawakkal pada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya.” (QS Ath Thalaq: 3).

Baca Juga : Ini Dia Beberapa Amalan yang Paling Dicintai Allah

3. Perbanyak Beristighfar

Kalimat istighfar dapat menjadi magnet penarik rezeki. Selain agar allah mengampuni segala dosa dan mengingat akan kekuasaan Allah, Memperbanyak istighfar juga menjadi kunci diraihnya rezeki yang berkah.

Allah berfirman: “Maka saya katakan pada mereka, ‘Mohonlah ampun pada Tuhanmu’, sesunguhnya Dia adalah Maha Pengampun, pasti Dia akan mengirimkan hujan padamu dengan lebat, memperbanyak harta dan anak-anakmu, mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (juga di dalamnya) sungai-sungai untukmu.” (QS Nuh: 10-12).

4. Bersedekah

Istri yang gemar bersedekah, hakikatnya sedang melipatgandakan rezeki suaminya. Janji Allah itu pasti kepada setiap hamba-Nya yang bertakwa. Allah SWT berfirman: “Siapa bertaqwa pada Allah, niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya serta memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (QS. At Thalaq: 2-3).

Sedekah bukan hanya kepada kaum papa, akan tetapi sedekah terbaik adalah kepada keluarga dekat seperti orang tua, mertua, dan saudara. Bersedekah sambil berilaturahim tentu akan melipatgandakan pahala dan rezeki yang akan didapatkan.

Baca Juga : 8 Amalan Ini Tidak Boleh Dilakukan Wanita Haid

5. Mendoakan Suami

Doa dua orang yang saling mencintai karena Allah SWT tentunya akan diijabah. Mendoakan suami dalam segala kondisi akan menjadi amalan istri agar rezeki suami lancar dan berkah. Berdoa agar suami tetap sehat rohani dan jasmani, tentu akan melancarkan ikhtiar suami saat mencari nafkah.

Meminta Allah SWT untuk selalu melindungi suami dimanapun berada dengan pasrah dan ikhlas, akan mendatangkan pahala dan juga keberkahan dalam rezekinya.

6. Melayani dan Taat pada Suami

Taat pada suami juga merupakan ibadah yang pahalanya akan terus mengalir. Istri wajib taat pada suami selama perintah suami tidak dalam rangka mendurhakai Allah dan Rasul-Nya.

Selain itu, ketika istri taat pada suaminya, hati suaminya juga tenang dan damai. Saat hatinya damai, bekerja dan beribadah juga lebih tenang dan rezeki akan mengalir lancar.

7. Beribadah Bersama

Banyak ibadah yang bisa dilakukan bersama suami, seperi salat berjamaah, melaksanakan shaum Senin-Kamis, membaca Al-Qur’an dan salat malam bersama suami. Selain menjadi amalan agar rezeki suami lancar, Allah juga akan memberkahi keluarga.

8. Menghindari Pertengkaran

Walaupun rumah tangga tidak akan terlepas dari permasalahan, lebih baik menghindari konflik. Sebab, pertengkaran hanya akan menyulut amarah dan mengikis solusi. Jika harus sampai bertengkar, bersabarlah dan bersikap tenang.

Jangan lupa untuk tetap mendoakan suami, agar Allah SWT senantiasa memberi jalan terbaik dari setiap permasalahan yang sedang dihadapi.

Itulah beberapa amalan istri agar rezeki suami lancar. Yuk lakukan amalan ini agar rezeki suami lancar, agar keluarga selalu dilimpahkan keberkahan.

Dilansir dari Kumparan.com, berikut ini tiga doa yang bisa dipanjatkan istri untuk sang suami yang sedang bekerja mencari nafkah.

 

1. Doa agar suami kaya dan panjang umur

Allahumma aktsir mala zauji wa barik lahu fima a'thoitahu wa athil hayatahu 'ala tho'atika wa ahsin 'amalahu waghfirlahu.

Artinya: “Ya Allah, perbanyak lah harta suamiku serta berkahi lah karunia yang Engkau berikan padanya, panjangkan lah umurnya dalam ketaatan pada-Mu dan baguskan lah amalnya serta ampuni lah dosa-dosanya.” (HR. Imam Bukhari)

2. Doa untuk rezeki suami halal dan baik

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’an wa rizqon thoyyiban, wa ‘amalan mutaqobbal.

Artinya: ‘Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku, keluargaku dan orang lain), rezeki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).’ (HR. Ibnu Majah).

3. Doa agar suami diberikan harta yang berkah

Bismillaahi 'ala nafsi zauji wa malahu wa dinahu. Allahumma radldli li zauji bi qodloika wa barik lahu fi qodarika hatta la yuhibbu ta'jiila ma akhkhorta wala ta'khiro ma 'ajjalta.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah atas diri suamiku, hartanya dan agamanya. Ya Allah, relakan lah suamiku untuk menerima keputusan-Mu, berilah keberkahan padanya dalam takdir-Mu sehingga dia tidak senang menyegerakan apa yang Engkau undur dan mengakhirkan apa yang Engkau segerakan.” (C)

Reporter: Haerani Hambali
Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga