adplus-dvertising

AHY, Anies, Surya Paloh, Syaikhu dan JK Foto Bareng, Demokrat Sulawesi Tenggara Ingin Cepat Ada Kesepakatan

Musdar, telisik indonesia
Rabu, 21 September 2022
503 dilihat
AHY, Anies, Surya Paloh, Syaikhu dan JK Foto Bareng, Demokrat Sulawesi Tenggara Ingin Cepat Ada Kesepakatan
Foto bareng AHY bersama Ahmad Syaikhu, Surya Paloh, Anies Baswedan dan Jusuf Kalla di acara resepsi pernikahan anak politikus NasDem di Jakarta, Minggu 8 September 2022. Foto: Ist.

" Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terlihat foto bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) "

KENDARI, TELISIK.ID - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terlihat foto bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Menanggapi itu, Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Tenggara, Muh Endang SA mengatakan, foto bersama tersebut terjadi di acara pernikahan anak Sugeng Suparwoto yang merupakan politikus NasDem, pada Minggu, 18 September 2022

Endang mengatakan, meski bertemu dalam acara pernikahan tapi bahan diskusi dari tokoh-tokoh tersebut tidak jauh dari Pilpres 2024.


Apalagi diketahui komunikasi Demokrat bersama NasDem dan PKS sudah intens dilakukan sejak lama.

Baca Juga: Dana Bantuan Parpol di Manggarai Naik Tapi Belum Cair, Kesbangpol: Masih Tunggu Rekomendasi Gubernur

"Ditambah lagi di situ ada Pak Jusuf Kalla. Kita kan tahu pak Jusuf Kalla itu dan SBY, begitu juga dengan Surya Paloh dan Anies masing-masing memiliki kedekatan," ucap Endang.

Endang menerangkan bukan hanya kader di daerah, seluruh pihak menginginkan agar Demokrat, NasDem dan PKS semakin cepat mencapai kesepakatan, baik program maupun calon, agar rakyat memiliki waktu untuk menimbang dalam menentukan capres-cawapres pilihannya.

Mantan Wakil Ketua DPRD Sulawesi Tenggara ini menginginkan, rakyat memilih capres-cawapres di 2024 berdasarkan rekam jejak dan program pasangan calon. Sehingga, Pemilu 2024 mengedepankan politik gagasan, politik record. Bukan uang dan kuasa semata.

Endang mengaku saat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Demokrat, pada 15-16 September 2022, kader meminta AHY maju sebagai 01 atau capres.

Baca Juga: Maksimalkan Rumah Pintar Pemilu, KPU Jawa Timur Bidik Pemilih Pemula

Tetapi ketika nantinya Demokrat, NasDem dan PKS sepakat berkoalisi dengan formasi Anies-AHY, kader menyerahkan keputusan tersebut kepada DPP.

"Sesuai AD/ART memang kewenangan capres, cawapres dan koalisi ditangani oleh DPP. Kita di daerah hanya diminta masukan," pungkas Endang.

Sementara dikutip dari Liputan6, dalam pertemuan itu, Anies mengaku membahas seluruh hal.

"Jadi ngobrolnya, ngobrol resepsi. Kumpul di situ. Kemudian, ngalor ngidul yang diomongin. Semuanya dibahas," kata Anies.

Gubernur DKI Jakarta itu telah menyatakan kesiapannya maju di Pilpres 2024 jika ada parpol yang meminangnya. Diketahui Anies menjadi satu dari tiga bakal capres yang akan diusung oleh NasDem di Pilpres 2024. (B)

Penulis: Musdar

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga