AHY Dianggap Harapan Baru, Rakyat Jenuh dengan Capres Itu-Itu Saja

Siswanto Azis, telisik indonesia
Jumat, 04 Juni 2021
0 dilihat
AHY Dianggap Harapan Baru, Rakyat Jenuh dengan Capres Itu-Itu Saja
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Foto: Repro Twitter

" Demokrat menyampaikan kalau hasil survei ini merupakan perwujudan aspirasi rakyat kepada AHY sebagai harapan baru. Ada kejenuhan rakyat dalam melihat deretan nama calon pemimpin nasional yang seputar itu-itu saja "

KENDARI, TELISIK.ID - Berdasarkan hasil survei Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA), Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menempati urutan kedua sebagai ketua umum partai politik (parpol) yang paling dipilih untuk menjadi kandidat Calon Presiden (Capres) di 2024 nanti.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Tenggara, Abdul Salam Sahadia. Dia menambahkan, berdasarkan hasil Survei Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA), Anies Baswedan yang merupakan Gubernur DKI Jakarta berada di posisi teratas dengan raihan 19,20 persen.

Sesuai  persentase hasil survei yang dilakukan oleh Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA), menurut Salam Sahadia, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berada pada posisi kedua dengan persentase 15,51 persen dan ditempel ketat oleh Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah yang mendapatkan 15,33 persen. Sedangkan Prabowo Subianto hanya mendapatkan 10,26 persen.

“Sedangkan Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto mendapatkan 3,47 persen. Gibran Raka Buming sebanyak 2,43 persen, Khofifah Indar Parawansa mendapatkan 1,35 persen sedangkan 7,99 persen masyarakat belum menentukan sikap,” jelasnya.

Baca Juga: Peluang Anies-AHY Menang di Pilpres Semakin Besar, Asalkan...

Salam Sahadia menyebutkan, elektabilitas yang diperoleh oleh Anis Baswedan dan AHY merupakan bentuk dari kejenuhan masyarakat melihat berbagai tokoh yang itu-itu saja dalam wacana Capres 2024.

"Demokrat menyampaikan kalau hasil survei ini merupakan perwujudan aspirasi rakyat kepada AHY sebagai harapan baru. Ada kejenuhan rakyat dalam melihat deretan nama calon pemimpin nasional yang seputar itu-itu saja," jelasnya kepada Telisik.id, Jumat (4/6/2021).

Menurut ASS, saat ini sosok AHY dipilih masyarakat karena selain merupakan Ketua Umum Partai Demokrat, dia juga dianggap sebagai sosok yang pas jika disandingkan dengan tokoh bukan Ketum Parpol.

“Rakyat mencari siapa sosok pemimpin baru pengganti Jokowi, bukan hanya di deretan Ketum Parpol yang dianggap paling tepat sebagai Capres, melainkan juga disandingkan dengan calon pemimpin nasional di luar Ketum Parpol, AHY tetap masuk deretan teratas," sambungnya.

Abdul Salam Sahadia mengklaim bahwa hasil survei ini menunjukan keyakinan masyarakat akan kapabilitas AHY sebagai Ketum Demokrat.

Baca Juga: PPP Jatim Sodorkan Nama Khofifah Cawapres di Pilpres 2024

Selain itu, hasil survei dapat menjadi gambaran keberhasilan AHY menghadapi polemik kepemimpinan di tubuh Partai Demokrat yang terjadi beberapa bulan belakangan.

"Keberhasilan AHY menangani para pelaku KLB ilegal dengan tegas, cepat dan tepat, serta menguatkan kebersamaan dan kekompakan struktur maupun kader merupakan salah satu faktor yang membuat tingkat kepercayaan publik meningkat drastis," paparnya.

Lebih lanjut Politisi Partai Demokrat ini menjelaskan, saat ini seluruh kader Partai Demokrat terus bergerak, untuk memastikan AHY dan Partai Demokrat berada pada urutan teratas hingga AHY dan Partai Demokrat benar-benar sebagai peraih elektabilitas tertinggi. (B)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga