Air di Dalam Buah Kelapa Ternyata Berasal dari Tanah, Berikut Penjelasan Ilmiahnya

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 08 Juli 2022
0 dilihat
Air di Dalam Buah Kelapa Ternyata Berasal dari Tanah, Berikut Penjelasan Ilmiahnya
Air kelapa mengandung mineral yang tinggi seperti kalium, gula, protein, fosfor, magnesium, natrium, sulfur serta kalsium. Foto: Repro iNews.id

" Air yang ada dalam buah kelapa ternyata bukan dari air hujan, walaupun buah ini berada di atas dan pasti terkena hujan saat hujan turun "

KENDARI, TELISIK.ID - Kalian tentu sudah tak asing dengan buah Kelapa bukan? Salah satu buah yang cukup banyak ditemui dan dijadikan kudapan teman pendamping es buah.

Dikutip dari wikipedia.com, kelapa, nyiur atau kerambil (cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga cocos dari suku aren-arenan atau arecaceae. Istilah ini berasal dari kata Portugis dan Spanyol abad ke-16, coco yang berarti "kepala" atau "tengkorak" setelah tiga lekukan pada tempurung kelapa yang menyerupai fitur wajah.

Ngomongin buah kelapa, salah satu bagian yang paling sering dinikmati adalah airnya. Selain menyegarkan dan rasanya yang nikmat, air kelapa juga mengandung banyak nutrisi baik bagi kesehatan. Tapi pernahkah kamu berpikir darimana asal muasal sumber airnya yang manis, padahal buah kelapa sendiri dilindungi oleh kulit yang tebal dan keras? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Melansir dari mediapakuan.com, air yang ada dalam buah kelapa adalah bukan dari air hujan, walaupun buah ini berada di atas dan pasti terkena hujan saat hujan turun. Air kelapa sebenarnya adalah dari air tanah yang masuk ke dalam akar pohon kelapa melalui proses osmosis.

Air ini kemudian dialirkan ke atas pohon kelapa melalui pembuluh xilem, dan kemudian air yang dialirkan tadi akan membentuk menjadi jaringan endosperm cair.

Baca Juga: Ingin Keluar dari Grup WhatsApp Diam-diam? Ini Caranya

Mengutip dari sariagri.id, air kelapa berasal dari endosperm. Ini dalam artian di mana sebenarnya pohon kelapa bisa memproduksi air sendiri. Endosperm berasal dari kombinasi intisperma serta intipolar di dalam pohon kelapa.

Setelah proses terjadi kombinasi tersebut, bagian pinggir endosperm berkembang menjadi bagian yang kita kenal sebagai daging buah kelapa. Sementara itu, pada bagian tengahnya akan memproduksi air.

Baca Juga: Dengan Fitur Ini, Bisa Kirim Pesan di WhatsApp Saat Ponsel Mati

Rasa khas air kelapa berasal dari kandungan mineral yang tinggi, di mana mengandung kalium setidaknya 17 persen dari total kandungan air buah kelapa. Selain itu air kelapa juga mengandung gula sebanyak 1,7 persen serta protein sekitar 0,5 persen.

Ada juga kandungan mineral lain seperti fosfor, magnesium, natrium, sulfur serta kalsium. Dalam beberapa penelitian juga membuktikan bahwa air kelapa ternyata kaya akan kandungan vitamin, asam folat, asam pantotenal, dan asam nitrat. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga