Air Keruh, PDAM Hentikan Distribusi Air ke Pelanggan

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 07 Januari 2022
0 dilihat
Air Keruh, PDAM Hentikan Distribusi Air ke Pelanggan
Gedung mesin pompa milik PDAM di Jompi. Foto: Sunaryo/Telisik

" Penyebab air keruh akibat banjir yang membuat lumpur ikut masuk ke dalam bak penampung yang telah banyak mengalami kebocoran "

MUNA, TELISIK.ID - Mata air Jompi keruh, akibat dilanda banjir. Buntut dari itu, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Muna menghentikan sementara pendistribusian air ke pelanggan.

"Sementara kita stopkan dulu (pendistribusian), karena airnya sangat keruh," kata Muhamad Nurhayat Fariki, Direktur PDAM Muna, Jumat (7/1/2021).

Penyebab air keruh itu, akibat banjir yang membuat lumpur ikut masuk ke dalam bak penampung yang telah banyak mengalami kebocoran.

"Biasanya, antara satu dua hari, airnya bisa jernih kembali," ujarnya.

Baca Juga: Pengembangan Sektor Pariwisata di Manggarai Masih Terkendala 8 Hal Ini

Baca Juga: Enam Orang Meninggal Akibat Bencana Hidrometeorologi Basah di Jayapura

Pihaknya sudah berusaha untuk membenahi bak penampungan di mata air Jompi. Tahun 2021 lalu, telah dianggarkan untuk pembenahan bak sebesar Rp 500 juta. Namun, anggarannya terkena refocusing, sehingga batal dilaksanakan. Kendati demikian, pihaknya tetap berusaha maksimal untuk merawat bak yang ada.

"Kita tetap berupaya memberikan pelayanan terbaik. Kami minta maaf pada pelanggan, karena ini bukan kesalahan kami, tetapi karena bencana alam," tukasnya. (C)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga