adplus-dvertising

Air Putih Benarkah Bisa Turunkan Berat Badan? Simak Penjelasannya

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Selasa, 28 Juni 2022
359 dilihat
Air Putih Benarkah Bisa Turunkan Berat Badan? Simak Penjelasannya
Tak cuma berguna mencukupi cairan di tubuh serta memcegah dehidrasi, Air Putih ternyata dapat menjadi cara untuk menurunkan berat badan Foto: Repro Halo Sehat

" Minum 8 gelas air putih (± 2 liter) bisa membakar hingga 100 kalori per hari "

KENDARI, TELISIK.ID - Air putih adalah salah satu hal penting yang harus dikomsumsi oleh manusia setiap saatnya. Sebab dengan meminum air putih dapat membantu mencukupi cairan tubuh serta dapat mencegah dehidrasi.

Selain berguna untuk mencukupi cairan di tubuh dan mencegah dehidrasi, air putih juga bisa membantu kita dalam menurunkan berat badan lho.

Mengutip dari Hellosehat.com, minum 8 gelas air putih (± 2 liter) bisa membakar hingga 100 kalori per hari. Kalori bisa lebih banyak berkurang jika Anda minum air dingin. Memperbanyak minum air putih pun bantu memangkas kelebihan berat air, sehingga berat badan turun ekstra.


Namun jika murni bertujuan untuk penurunan berat badan saja, diet air putih baru akan memperlihatkan hasil nyatanya setelah dilakukan berkelanjutan alias dalam jangka waktu lama.

Diet hanya dengan minum air putih sebetulnya hanya boleh dilakukan mulai dari 24 jam hingga maksimal 3 hari. Lebih dari itu, akan ada banyak potensi masalah kesehatan yang bermunculan.

Satu hari saja anda mencoba diet ini, nutrisi di otak sudah bisa berkurang sehingga akan bekerja semakin lambat. Akibatnya, Anda sulit konsentrasi, sering bengong, mudah emosi, hingga rentan berhalusinasi. Hal ini juga akan menimbulkan migrain.

Baca Juga: Jangan Lakukan 8 Kebiasaan Ini Setelah Makan, Bisa Berdampak Bagi Kesehatan

Selain itu, bila anda tidak mengonsumsi makanan apa pun, artinya perut akan dibiarkan kosong. Perut yang kosong dalam waktu lama dapat menyebabkan asam lambung naik yang nantinya memicu penyakit maag.

Tubuh akan kehilangan paling banyak protein dalam 72 jam pertama Anda diet air putih, dan membuat otot-otot tubuh perlahan mengecil.

Lantas bagaimana cara diet air putih yang benar?

Mengutip dari dari Alodokter.com, untuk menurunkan berat badan dengan bantuan air putih, kamu bisa melakukan beberapa cara di bawah ini:

1. Minum 2 gelas air putih 30 menit sebelum makan

Beberapa riset menunjukkan bahwa konsumsi 500 ml (2 gelas) air putih saat 30 menit sebelum makan bisa membantu menurunkan berat badan. Pada orang dewasa, kebiasaan minum air putih sebelum makan terbukti dapat menurunkan berat badan hingga sekitar 2 kg dalam kurun waktu 12 minggu.

Langkah ini juga bisa membuat seseorang berisiko lebih rendah untuk mengalami obesitas, serta lebih mudah mencapai berat badan ideal dan mempertahankannya.

2. Minum air putih serta perbanyak konsumsi buah dan sayur

Kebiasaan banyak minum air putih yang dibarengi dengan konsumsi buah dan sayur juga bisa membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, buah dan sayur mengandung air dan serat yang tinggi, sehingga bisa membuatmu kenyang lebih lama.

3. Minum air putih ketika merasa lapar

Ketika merasa lapar, kamu akan terdorong untuk makan berlebihan. Jika kamu memilih asupan yang tidak sehat dan tinggi lemak, gula, atau kalori, seperti fast food, cemilan, atau makanan olahan, berat badanmu bisa meningkat.

Baca Juga: Jangan Sepelekan, Penggunaan Headset Bisa Berdampak Pada Ini

Oleh karena itu, agar lebih sehat, kamu bisa memperbanyak minum air putih ketika sedang merasa lapar atau ingin ngemil.

4. Hindari minuman kemasan saat haus

Saat merasa haus, kamu sebaiknya memilih minum air putih ketimbang minuman berwarna atau minuman kemasan yang mengandung banyak gula dan perasa tambahan. Pasalnya, minuman kemasan mengandung kalori yang cukup tinggi.

Asupan kalori tambahan ini bisa membuat berat badanmu bertambah, terlebih jika kamu tidak mengimbanginya dengan aktivitas fisik atau olahraga. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga