Air Surga Biru Toska di Permandian Hendaopa Wakatobi

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Minggu, 14 Mei 2023
0 dilihat
Air Surga Biru Toska di Permandian Hendaopa Wakatobi
Permandian alam Hendaopa di Pulau Tomia, Wakatobi, punya bentuk unik, yaitu seperti mulut gua yang masuk ke dalam tanah. Foto: Ist.

" Permandian Hendaopa adalah kolam air tawar yang terletak di Desa Wawotimo, Pulau Tomia ini wajib Anda datangi jika sedang berkunjung ke Wakatobi "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Wakatobi tak pernah kehabisan pesona untuk memikat para wisatawan luar. Bukan hanya wisata baharinya yang indah, wisata air tawar di Wakatobi juga super cantik.

Seperti permandian Hendaopa contohnya, kolam air tawar yang terletak di Desa Wawotimo, Pulau Tomia ini wajib Anda datangi jika sedang berkunjung ke Wakatobi.

Salah seorang warga lokal Pulau Tomia, Alan Abas menuturkan, permandian ini bisa ditempuh dengan jarak 1,5 kilometer dari Desa Wawotimu. Meski dapat diakses oleh mobil dan motor, namun saat musim hujan, pengendara mobil tak dianjurkan masuk karena jalan yang licin.

Baca Juga: Keajaiban Pantai Molii Sahatu Wakatobi, Mengalir Ratusan Mata Air Tawar

Di Desa Wawotimu, Anda tidak hanya dapat mengunjungi permandian Hendaopa, tapi juga permandian Te'e Moaii, permandian Te'e Dondo, dan permandian Te'e Tuki, bahkan ada juga pantai Hendaopa yang letaknya hanya 50 meter dari permandian Hendaopa.

Pesona permandian alam Hendaopa di Pulau Tomia Wakatobi terdapat pada airnya yang berwarna biru toska dan jembatan di tengah yang menghubungkan sisi kolam. Foto: Ist.

 

Permandian Hendaopa tak memungut biaya sepeserpun kepada siapapun yang berkunjung. Meski begitu setiap wisatawan wajib menjaga kebersihan permandian.

Keunikan permandian Hendaopa salah satunya terletak pada bentuk kolamnya yang bundar dan seperti gua yang masuk ke dalam tanah, juga airnya yang jernih berwarna biru toska. Terdapat sebuah jembatan gantung warna-warni di tengahnya yang menghubungkan sisi permandian.

"Ada jembatan gantung tapi sudah rusak. Alhamdulillah pemerintah setempat sudah mau renovasi lagi itu jembatan," kata Alan, Minggu (4/6/2023).

Anda perlu berhati-hati saat berenang di permandian tersebut, karena kedalaman kolam yang mencapai 10 meter.

Baca Juga: Sulawesi Tenggara Unjuk Kehebatan Wisata Bahari di Deep and Extreme Indonesia 2023

Keunikan lainnya terletak pada pasang surut air di permandian tersebut yang mengikuti pasang surut di laut Hendaopa, padahal kolam tersebut bukanlah air laut melainkan tawar rasanya.

Dilansir dari Telisik.id, ada kegiatan lain yang sering dilakukan dari atas jembatan ini. Agak ekstrem memang, namun dari atas jembatan ini wisatawan bisa melompat dan langsung masuk ke kolam alam yang ada di bawahnya.

Dikutip dari jurnal karya Edisman berjudul 'Pemetaan Sumber Air Baku Kawasan Karst di Desa Wawotimu Kecamatan Tomia Timur Kabupaten Wakatobi' yang diunduh di situs Ojs.uho.ac.id, permandian Hendaopa jadi sumber air terbesar di Desa Wawotimu, yaitu luasnya sebesar 13.938 m2, dan memiliki pola aliran paralel yaitu pengaliran air yang sejajar arah alirannya. (B-Adv)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga