adplus-dvertising

Air Terjun Tetewa, Spot Arung Jeram Menantang

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Minggu, 11 Oktober 2020
2406 dilihat
Air Terjun Tetewa, Spot Arung Jeram Menantang
Indahnya air terjun Tetewa, Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara. Foto: Muhammad Israjab/Telisik

" Jernihnya air dan rindangnya pepohonan di sepanjang aliran Sungai Konaweha ini berhasil memanjakan mata dan membuat takjub bagi pengunjungnya. "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Air Terjun Tetewa bisa disebut air yang keluar dari batu. Tetewa juga merupakan nama sebuah gunung, terletak di Kecamatan Uesi Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara.

Jernihnya air dan rindangnya pepohonan di sepanjang aliran Sungai Konaweha ini berhasil memanjakan mata dan membuat takjub bagi pengunjungnya.

Barisan air terjun yang jatuh dari sela-sela batu dan tebingnya yang pendek membuat aliran Sungai Konaweha semakin mempesona bak lukisan alam.


Air terjun Tetewa ini tergolong unik sebab tak seperti air terjun pada umumnya, karena ketinggian airnya hanya beberapa meter saja. Airnya yang begitu deras, keluar dari barisan bebatuan kemudian jatuh tepat di aliran sungai. Sehingga debit airnya juga tidak akan  berkurang walaupun di musim kemarau.

 

 

Panorama air terjun yang tersusun indah sepanjang Sungai Konaweha ini juga bisa dimanfaatkan pengunjung untuk mengabadikan momen dengan berswafoto.

Hal yang paling menantang dari spot Air Terjun Tetewa ini adalah bagi pecinta olahraga arung jeram (rafting) ini sangat cocok untuk makin mengasah kemampuan. Dimana jarak yang bisa ditempuh untuk berarung jeram bisa dilalui kurang lebih sepanjang 20 km.

Baca juga: Panorama Pantai Topa Wabula Buton yang Kurang Dilirik Wisatawan

Sebelumnya, hasil survei yang pernah dilakukan tim Jelajah Sultra potensi arung jeram Kolaka Timur sangat besar.

Observasi lapangan sungai tergolong sungai grade I. lebar sungai mencapai 15 - 60 meter dengan kedalaman 50 cm - 5 meter, jeram yang akan dilalui pun masih sangat aman bagi para pemula.

Namun untuk mencapai lokasi ini tak mudah. Selain jarak yang jauh, akses jalan juga cukup sulit dilalui. Apalagi jika kita ingin berkunjung di musim hujan. Sulit untuk dilalui karena jalan yang berlumpur.

Untuk mencapai Air Terjun Tetewa, membutuhkan waktu perjalanan yang cukup lama mencapai 6 jam dari pusat ibu kota Sultra, Kota Kendari.

Maka penting sekali bagi pemerintah setempat untuk memperbaiki akses jalan Mowewe - Tetewa agar mempermudah wisatawan untuk mencapai lokasi.

Selain itu perlu adanya promosi agar lebih dikenal publik dan pada akhirnya akan memberikan pemasukan bagi daerah serta bisa memperkenalkan potensi wisata khususnya yang ada di Sultra. (B)

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga