Akhir Juli, 261 Sekolah di Sulawesi Tenggara Bakal Akreditasi Tahap Kedua

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Kamis, 07 Juli 2022
0 dilihat
Akhir Juli, 261 Sekolah di Sulawesi Tenggara Bakal Akreditasi Tahap Kedua
Aktifitas pembelajaran di salah satu sekolah di Kota Kendari yang bakal ikut akreditasi tahap kedua di akhir Juli mendatang. Foto: Muhammad Ilwanto/Telisik

" Setelah 15 sekolah mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan Madrasah se-Sulawesi Tenggara melakukan akreditasi di tahap pertama, kini 261 sekolah yang bakal melaksanakan akreditasi tahap kedua di akhir Juli mendatang "

KENDARI, TELISIK.ID - Setelah 15 sekolah mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan Madrasah se-Sulawesi Tenggara melakukan akreditasi di tahap pertama, kini 261 sekolah yang bakal melaksanakan akreditasi tahap kedua di akhir Juli mendatang.

Ketua Badan Akreditasi Nasional (BAN) Sekolah/Madrasah Sultra, Prof. Anwar Hafid mengatakan, proses akreditasi itu biasanya dilakukan dua kali dalam setahun. Di mana itu sudah menjadi kebijakan dari pemerintah pusat.

"Serta menyesuaikan dengan anggaran dan kuota yang diberikan, untuk Sulawesi tenggara itu sebanyak 276 sekolah. Namun jumlah itu masih bisa bertambah, jika ada salah satu provinsi yang tidak bisa menjalankan akreditasi sesuai dengan kuota. Maka provinsi lain bisa mengambil jatah tersebut, sehingga akreditasi  bisa dilakukan sebanyak tiga kali, dan kami pernah melakukan hal tersebut," ungkapnya.

Bahkan untuk akreditasi tahap kedua, BAN SM Sulawesi Tenggara telah melaksanakan sosialiasi di beberapa sekolah untuk memberikan bimbingan terkait proses akreditasi. Sehingga pada saat pelaksanaan akreditasi dilakukan, sekolah sudah siap.

Anwar Hafid menuturkan, untuk tahun ini sekolah yang diprioritaskan untuk melaksanakan akreditasi, adalah sekolah-sekolah yang baru dibentuk yaitu sebanyak 47 sekolah/madrasah.

Baca Juga: Ratusan Kendaraan Terjebak Macet akibat Banjir

"Kemudian sekolah dengan status tidak terakreditasi 2 tahun sebelumnya sebanyak 66, status akreditasi diperpanjang 1 tahun pada tahun 2021 dan yang akreditasinya berakhir pada tahun 2022 itu sebanyak 163 sekolah," katanya.

Untuk di tahap kedua yang bakal diakreditasi yaitu, sekolah baru sebanyak 32, tidak terakreditasi sebanyak 66, diperpanjang 1 tahun sebanyak 163. Dengan melibatkan sebanyak 137 asesor.

Sementara itu, Kepala SMKN 4 Kendari, Herman mengatakan, bahwa untuk proses akreditasi memang menjadi sebuah hal wajib yang harus dilakukan oleh lembaga pendidikan, karena itu akan menjadi tolak ukur kualitas dari sebuah lembaga.

Baca Juga: Dua Puskesmas di Kota Kendari Diserang

"Kemarin kita sudah lakukan berbagai proses akreditasi, mulai dari asesmen dan lain sebagainya. Dan tentunya ini menjadi sebuah momen yang cukup baik, untuk meningkatkan kualitas SMKN 4 Kendari," ujarnya. (B)

Penulis: Muhammad Ilwanto

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga