adplus-dvertising

Akhir Tahun Ini, Islam Diprediksi Akan Berkuasa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 04 Maret 2021
1075 dilihat
Akhir Tahun Ini, Islam Diprediksi Akan Berkuasa
Islam Makhachev (kanan) dan Khabib Nurmagomedov (kiri). Foto: Repro Instagram

" Saat ini semua orang bicara soal Dustin (Poirier), Conor (McGregor), (Michael) Chandler, Justin (Gaethje), (Charles) Oliveira. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Islam Makhachev diprediksi akan menguasai kelas ringan Ultimate Fighting Championship (UFC) akhir tahun 2021 ini.

Prediksi tersebut diungkapkan Juara UFC kelahiran Rusia yang pertama, Khabib Nurmagomedov. Menurutnya, Islam akan berjaya di atas para petarung divisi kelas ringan UFC itu pada akhir tahun ini.

Saat ini mahkota jawara kelas ringan UFC sejatinya masih jadi milik Khabib. Tapi saat ini, tepatnya semenjak UFC 254, si petarung asal Dagestan menyatakan dirinya sudah pensiun.


Dalam keberhasilannya mengalahkan Justin Gaethje di UFC 254, Khabib Nurmagomedov bukan cuma mengilapkan rekor tanding jadi 29-0, tapi juga mempertahankan empat kali sabuk juara kelas ringan.

Sepeninggal Khabib, Islam Makhachev dipercaya layak berjaya untuk duduk di takhta kelas ringan UFC.

"Saat ini semua orang bicara soal Dustin (Poirier), Conor (McGregor), (Michael) Chandler, Justin (Gaethje), (Charles) Oliveira," kata Khabib kepada ESPN dan dilansir MMAMania.com, yang dikutip dari Detik.com, Rabu (3/3/2021).

"Namun di akhir tahun nanti, itu akan berubah. Saya yakin saat ini tidak akan ada yang bisa mengalahkan dirinya (Islam Makhachev). Ia akan mendominasi (kelas ringan)," tutur sosok berjuluk The Eagle itu.

Islam Makhachev sendiri saat ini punya rekor tarung 7-1 di UFC. Sejak 2015, dengan merangkai rentetan enam kemenangan sebelum ini. Kariernya di dunia MMA sendiri sudah berjalan lebih jauh sedari 2010. Secara keseluruhan, rekor tarungnya adalah 18-1.

Baca juga: Kapal Israel Meledak Misterius Setelah Beberapa Jam Suriah Dihancurkan Amerika

Dari 18 kemenangannya di dunia MMA profesional, Islam meraihnya dengan tiga kali KO, tujuh kali submissions, dan delapan kali menang angka.

Sementara satu kekalahannya adalah dari Adriano Martins, pada UFC 192. Ia tersungkur usai menerima jotosan lawannya di ronde pertama gelaran UFC 192 pada 3 Oktober 2015.

Usai kekalahan itu, Islam Makhachev sudah bangkit dan mampu melibas lawan-lawannya, walaupun sempat pula ada pertanyaan mengenai kualitas lawan yang dihadapinya.

Petarung berusia 29 tahun ini, kini menempati peringkat 14 di kelas ringan UFC itu, kini tengah bersiap menghadapi lawan yang diprediksi akan memberikan perlawanan lebih alot, yakni Drew Dober, dalam gelaran UFC 259 di Las Vegas, Nevada pada akhir pekan.

Islam Makhachev merupakan saudara sepupu Khabib Nurmagomedov, sang juara kelas ringan UFC. Islam pun memang disiapkan oleh Khabib sebagai penerusnya.

Islam Makhachev punya gaya bertarung southpaw. Teknik pertarungan atas dan bawah (gulatnya) cukup yahud.

UFC mencatat Islam punya 56 persen striking accuracy. Untuk grappling accuracy, statistiknya lebih tinggi 68 persen.

Pun Islam dan Khabib juga sama-sama berlatih di AKA (American Kickboxing Academy) tempat latihannya dan sama-sama dilatih oleh Javier Mendez. Bahkan Islam pernah dilatih oleh mendiang ayahhya Khabib, Abdulmanap Nurmagomedov. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga