Akibat Defisit Daya Sistem, Kota Raha dan Sekitarnya Alami Pemadaman Listrik

Amin, telisik indonesia
Senin, 08 April 2024
0 dilihat
Akibat Defisit Daya Sistem, Kota Raha dan Sekitarnya Alami Pemadaman Listrik
PT PLN (Persero) ULP Raha, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Foto: Amin/Telisik

" Belakangan ini Kota Raha, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara dan kerap terjadi pemadaman listrik di malam hari, Senin (8/4/2024) "

MUNA, TELISIK.ID - Belakangan ini Kota Raha, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara dan kerap terjadi pemadaman listrik di malam hari, Senin (8/4/2024).

Pemadaman listrik yang sering terjadi tersebut membuat warga geram terhadap kinerja PLN Raha.

Menurut warga Desa Wabintingi, Zainal (23), pemadaman listrik yang berkepanjangan ini berpotensi mengganggu aktivitas masyarakat di bulan Ramadan.

"Pemadaman listrik yang berkepanjangan ini sangat menggangu. Terutama karena berpotensi menghambat ibadah dan kegiatan sehari-hari yang penting bagi umat Muslim," ucap Zainal, Senin (8/4/2024).

Zainal menambahkan, untuk mengatasi masalah ini penting bagi penyedia layanan listrik mempertimbangkan alternatif sumber daya energi dan cadangan listrik guna meminimalisir dampak pemadaman listrik yang berkepanjangan tersebut.

Baca Juga: Ini Tanggapan PLN Terkait Pemadaman Listrik di Muna Barat

Tokoh pemuda Desa Banggai, La Ode Idul (30) mengatakan, masalah listrik tersebut menghambat aktivitasnya.

"Sebagai penjual, aktivitas saya terganggu akibat kejadian ini. Seketika aktivitas kita terhenti di malam hari", Ucapnya.

La Ode Idul menambahkan, minimal ada upaya yang lebih masif dalam mengatasi masalah pemadaman yang berkepanjangan ini.

"Masalah ini bukan hanya berdampak pada perorangan, melainkan semua orang. Makanya perlu ada perhatian khusus dari pihak PLN itu sendiri," tambahnya.

Sementara itu, Kepala PLN Raha, Dambarudin mengatakan, pemadaman listrik yang kerap terjadi disebabkan defisit daya sistem kelistrikan.

"Terjadi defisit daya sistem di Baubau sehingga perlu manajemen beban di waktu beban puncak," katanya saat dihubungi melalui WhatsApp, Senin (8/4/2024).

Baca Juga: Ini Penjelasan Setda Kolaka Utara Terkait Pencairan TPP ASN Tertunda

Lebih lanjut, kata dia, pemadaman lampu tersebut terjadi sejak Jumat (5/4/2024) lalu. Kemudian terjadi gangguan di salah satu infrastruktur kelistrikan sistem di Kota Baubau.

Dambarudin menambahkan, pihaknya akan tetap berupaya pelayanan yang terbaik sembari menunggu perbaikan sistem pembangkit kelistrikan.

"Semoga kami bisa mengatasi masalah ini. Sehingga pemadaman di wilayah Baubau, Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Buton Utara, Muna dan Muna Barat bisa segera diatasi," tutupnya. (A)

Penulis: Amin

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga