adplus-dvertising

Aksi Gerakan Selamatkan KPK Terget Duduki Gedung Merah Putih

Marwan Azis, telisik indonesia
Senin, 27 September 2021
1549 dilihat
Aksi Gerakan Selamatkan KPK Terget Duduki Gedung Merah Putih
Massa aksi dari berbagai kampus mulai mendatangi Gedung Merah Putih KPK. Foto: Marwan Azis/Telisik

" Massa aksi sudah memulai long march menuju Gedung Merah Putih KPK dari UNJ Setia Budi Jakarta "

JAKARTA, TELISIK.ID - Gerakan Selamatkan KPK (GASAK) dari berbagai kampus menggelar aksi dalam rangka menyikapi kondisi KPK yang berangsur-angsur dilemahkan.

Aksi bertajuk Selamatkan KPK ini dilaksanakan di Gedung Merah Putih KPK.

Massa aksi sudah memulai long march menuju Gedung Merah Putih KPK dari UNJ Setia Budi Jakarta.


Zakky M, mahasiswa Universitas Negeri Sebelas Maret menyampakaikan, massa aksi dalam gerakan ini berasal dari kampus-kampus di seluruh Indonesia.

"Aksi yang diinisiasi GASAK ini untuk menindaklanjuti surat ultimatum Gerakan Selamatkan KPK bersama BEM Seluruh Indonesia yang dilayangkan pada 23 September 2021 yang tidak digubris Presiden Jokowi," ujarnya kepada Telisik.id di Jakarta, Senin (27/9/2021).

Dikatakan, sebagai pemegang tampuk kekuasaan tertinggi di NKRI turut berperan dalam pelemahan KPK dengan tidak memberikan langkah konkrit dalam menyelamatkan pegawai KPK dan menjaga marwah KPK yang semakin terdegradasi.

Berdasarkan pantauan Telisik.id aksi dimulai pada pukul 10.05 dimana massa berkumpul di UNJ Setiabudi kemudian melaksanakan long march ke Gedung Merah Putih KPK melewati gedung lama KPK menuju ke arah gerbang utama dari arah barat.

Baca Juga: PKS Pertegas Perjuangkan Syaikhona Kholil Pahlawan Nasional

Baca Juga: Diperiksa Terkait Soal Tambang, Menteri Luhut Tiba di Polda Metro Jaya

Massa aksi bersama mobil komando berbaris berbanjar menuju ke gedung KPK dengan menjaga jarak dan mengenakan masker selama perjalanan.

Pada pukul 10.42 massa aksi tiba di gedung lama KPK menjemput massa aksi yang sebagian berada di sana. Massa aksi tiba di gedung utama KPK tapi dijegal 100 meter dari gerbang utama oleh barikade pihak keamanan.

Aksi dilaksanakan di lokasi tiba dengan orasi, teatrikal mahasiswa, cosplay oligarki dan simbolisasi penyegelan gedung KPK.

Upaya-upaya tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kekecewaan mahasiswa dan masyarakat atas kondisi yang menimpa KPK yang belakangan ini terus dilemahkan. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga