Aksi Pencuri Kotak Amal Masjid di Kolut Terekam CCTV

Muh. Risal H, telisik indonesia
Minggu, 19 Desember 2021
0 dilihat
Aksi Pencuri Kotak Amal Masjid di Kolut Terekam CCTV
Pelaku saat mencuri isi kotak amal di Masjid Desa Beringin, Sabtu (18/12/2021). Foto: Tangkapan layar video CCTV

" Isi kotak amal Masjid Raya Desa Beringin, Kecamatan Ngapa, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), raib digondol pencuri "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Isi kotak amal Masjid Raya Desa Beringin, Kecamatan Ngapa, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra),  raib digondol pencuri.

Aksi pencurian itu terekam CCTV masjid. Pada video berdurasi 2.50 menit tersebut, terpantau seseorang yang menggunakan peci, baju kaos lengan panjang, dan celana panjang berdiri di sekitar kotak amal yang terletak di bagian dalam masjid.

Pelaku mengamati kota amal yang terbuat dari kaca dan mengamati keadaan di lingkungan masjid. Setelah merasa aman, ia bergegas mengambil sesuatu dari dalam tas miliknya yang diletakkan tidak jauh dari kotak amal, dan kembali mendekati kota amal kemudian membukanya menggunakan kunci khusus dan mengambil semua uang dalam kotak amal.

Aksi pelaku tersebut terbilang nekat karena ia tidak menggunakan penutup wajah dan terlihat jelas dalam CCTV masjid.

Kepala Desa Beringin, H. Abd Rahman saat dikonfirmasi Telisik.id melalui sambungan telepon membenarkan peristiwa pencurian tersebut.

"Video peristiwa pencurian tersebut memang benar, kejadiannya kemarin siang dan kejadian ini yang pertama kalinya," terangnya, Minggu (19/12/2021).

Baca Juga: Mobil Innova Terjun ke Jurang, 5 Korban Ditemukan Tewas, Dua Dicari

Saat ini, lanjutnya, pihaknya masih berusaha mengidentifikasi pelaku melalui hasil rekaman beberapa CCTV yang terpasang baik di dalam maupun di luar masjid.

"Kami perkirakan pelakunya mengendarai mobil. Kalau berdasarkan CCTV pelakunya profesional karena dia menggunakan kunci khusus untuk membuka kotak amal," jelasnya.

Menurut informasi dari beberapa warga, tambahnya, orang tersebut menggunakan mobil ambulance.

"Tapi ini masih dugaan, setelah balik dari pesta kami akan perjelas dengan membuka beberapa CCTV milik warga di sekitar masjid untuk memastikan dugaan warga," tukasnya.

Terpisah, Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) Ngapa, Ipda Agus menuturkan, berdasarkan rekaman CCTV, ada beberapa kotak amal yang sempat digasak pelaku. Tapi tidak semua sudut masjid terjangkau CCTV.

"Sebenarnya beberapa hari yang lalu personel kami sudah menyampaikan kepada pengurus Masjid Beringin agar berhati-hati, karena di desa tetangga isi kotak amalnya juga dicuri," ucapnya.

Baca Juga: Sopir Angkot Meninggal Saat Bentrok di Kendari

Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini kasus pencurian kotak amal di dua masjid di Kecamatan Ngapa masih dalam proses pendalaman.

"Kami masih melakukan pendalaman, meski pelaku tidak menggunakan penutup wajah tapi kalau hasil rekaman CCTV tersebut di-zoom kualitas CCTV-nya malah lebih blur," bebernya.

Meski demikian, personel Polsek Ngapa mulai mengantisipasi dan mengetahui cara kerja pelaku  berdasarkan dua peristiwa yang terjadi.

"Kami berharap pengurus-pengurus masjid agar lebih hati-hati dan belajar atas kejadian yang menimpa dua masjid di Kecamatan Ngapa tersebut," harapnya. (B)

Reporter: Muh. Risal

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga