Aktivis Nilai Figur AJP Potensial Nakhodai Kota Kendari

Erni Yanti, telisik indonesia
Selasa, 13 Agustus 2024
0 dilihat
Aktivis Nilai Figur AJP Potensial Nakhodai Kota Kendari
Aktivis Kota Kendari nilai sosok Aksan Jaya Putra sebagai bakal calon Walikota Kendari Potensil. Foto: Ist

" Bakal calon (balon) Wali Kota Kendari, Aksan Jaya Putra (AJP), dinilai sebagai salah satu kandidat potensial yang bisa memenangkan kontestasi pemilihan kepala daerah (pilkada) dan menakhodai daerah ini "

KENDARI, TELISIK.ID – Bakal calon (balon) Wali Kota Kendari, Aksan Jaya Putra (AJP), dinilai sebagai salah satu kandidat potensial yang bisa memenangkan kontestasi pemilihan kepala daerah (pilkada) dan menakhodai daerah ini.

Aktivis mahasiswa Kota Kendari, Rasmin Jaya, menilai AJP memiliki keunggulan dari para pesaingnya. Penilaiannya itu didasarkan pada hasil survei yang memenangkan AJP di beberapa simulasi.

Rasmin juga menilai AJP sebagai figur yang egaliter, bisa bergaul pada semua kalangan dan tanpa membedakan batasan status sosial.

“Sosok Aksan Jaya Putra adalah pribadi yang mampu berbaur dengan semua golongan masyarakat khususnya kaum milenial. Maka tidak heran banyak pemuda dan mahasiswa yang mendukungnya untuk menjadi Wali Kota Kendari pada Pilwali 2024 ini,” bebernya, Senin (12/8/2024).

Baca Juga: Mokole Konawe Lukman Abunawas Kukuhkan 56 Ormas Tamalaki dan Siap Amankan Pilkada 2024

Di samping itu, program Kendari Bisa, menurut Rasmin, adalah akumulasi program yang mampu mengakomodasi semua kepentingan untuk membangun Kota Kendari, selain juga menggerakkan roda perekonomian daerah yang menyentuh semua komponen masyarakat.

“Kenapa anak muda khususnya milenial banyak mendukung Aksan Jaya Putra? Karena mempunyai banyak program, gagasan, dan ide untuk persoalan di Kota Kendari. Apalagi sekarang untuk pemilih didominasi oleh kaum milenial sehingga ini harus terus dipertahankan sampai pemilihan Wali Kota Kendari mendatang,” ucapnya.

Menyinggung langkah AJP untuk menyentuh pemilih hingga ke akar rumput, Rasmin menilai masih dilakukan secara massif, terstruktur, dan terkonsolidasi.

“Yang bergerak bukan hanya tim-tim yang terbentuk tetapi simpatisan dan pendukung yang merasa punya simpati kepada Aksan Jaya Putra,” katanya.

Aksan Jaya Putra saat ini masih menjabat sebagai anggota DPRD Sultra periode 2019-2024. Dia dianggap telah banyak berkontribusi kepada masyarakat.

Politisi Partai Golkar itu, menurut Rasmin, rela mengorbankan anggaran pribadinya pada saat mendapatkan keluhan-keluhan masyarakat yang sangat prioritas dan mendesak.

“Penting dan (sudah) sewajarnya seorang pemimpin harus selesai dengan dirinya sendiri, kemudian menjadikan ruang kebijakan dan politik sebagai pengabdian kepada masyarakat untuk memberikan kesejahteraan,” tuturnya.

Aksan Jaya Putra telah merilis berbagai program untuk mengentaskan berbagai persoalan dan permasalahan di Kota Kendari. Program itu antara lain pengembangan kawasan Kendari Central Business District (K-CBD).

“CBD ini adalah bagian kecil dari kota yang menjadi pusat segala kegiatan bisnis, ekonomi, dan teknologi. Tempat ini akan menjadi pusat perputaran uang yang sangat besar dan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Kendari,” kata AJP.

Program lain yang ditawarkan yakni revitalisasi kawasan Kota Lama menjadi cagar budaya berbasis sejarah Kota Kendari. Kemudian pengembangan kawasan Kebun Raya Kendari berstandar internasional (Botanical Garden).

Program selanjutnya adalah peningkatan jalan dan infrastruktur. “(Program) Kelima, transportasi publik yang murah, nyaman, modern, dan menjangkau seluruh wilayah Kota Kendari,” papar AJP.

Penataan pedestrian yang ramah bagi pejalan kaki dan disabilitas juga menjadi fokus bagi AJP. Selan itu, pemenuhan kebutuhan air baku untuk minum bagi masyarakat. Perbaikan sistem pengelolaan sampah dan kesejahteraan petugas kebersihan.

Konektifitas sistem saluran drainase perkotaan dalam rangka pencegahan bencana banjir dan longsor pun bagian dari program AJP.

Baca Juga: Juslan Efendi Kadir Resmi Pimpin PKB Kolaka Timur untuk Menangkan Pilkada 2024

Selanjutnya, penataan ruang terbuka hijau. Peningkatan tunjangan dan umrah gratis ketua RT/RW, ketua LPM, imam dan marbot masjid. Peningkatan tunjangan daerah (TKD) bagi ASN dan tenaga kontrak, dan menciptakan lapangan kerja baru.

Program lain yang disiapkan yakni pengembangan UMKM melalui promosi dan modal usaha. Pemberian beasiswa pendidikan bagi pelajar/mahasiswa kurang mampu dan berprestasi.

Peningkatan fasilitas dan mutu pelayanan puskesmas dan RSUD Kota Kendari. Menciptakan sumber ekonomi baru untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Pengadaan sistem pengaduan masyarakat berbasis teknologi informasi. Melindungi generasi muda dari penyalahgunaan narkoba dan penyakit menular dan HIV/AIDS. Terakhir penyediaan fasilitas olahraga gratis di setiap kecamatan.  (Adv/B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga