adplus-dvertising

Aktivis Teatrikal Greenpeace Indonesia Heran Aksinya di Gedung KPK Berbuntut Panjang

M Risman Amin Boti, telisik indonesia
Selasa, 20 Juli 2021
2618 dilihat
Aktivis Teatrikal Greenpeace Indonesia Heran Aksinya di Gedung KPK Berbuntut Panjang
Aksi teatrikal di Gedung KPK. Foto: Repro Repro Tribunnews.com

" Organisasi Greenpeace Indonesia mengaku bingung, aksi teatrikal penembakan laser ke KPK beberapa waktu lalu, kini malah berujung laporan kepolisian "

JAKARTA,TELISIK.ID - Proyeksi laser berisi pesan-pesan menohok di gedung KPK, lembaga antikorupsi yang dilakukan sejumlah aktivis Greenpeace Indonesia kini berbuntut panjang.

Organisasi Greenpeace Indonesia mengaku bingung, aksi teatrikal penembakan laser ke KPK beberapa waktu lalu, kini malah berujung laporan kepolisian.

Di mana, pihak KPK yang melaporkan aksi tersebut.


"Agak bingung juga dilaporkan terkait apanya, kalau terkait aktivitas laser yang tempo hari itu, agak aneh juga," ujar aktivis Greenpeace Indonesia, Asep Komarudin, saat dihubungi Suara.com - jaringan Telisik.id, Selasa (20/7/2021).

Asep menyebut, setelah aksi teatrikal itu, lembaga antirasuah melalui Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, sempat mengapresiasi setiap masukkan maupun kritik yang disampaikan kepada KPK.

Maka itu, Asep merasa heran bila benar KPK melakukan pelaporan kepada polisi terkait aksi itu.

"Karena sebelumnya setelah aksi kan ada pernyataan dari Plt Juru Bicara Bidang Penindakan Ali Fikri yang meresponnya, dan mengapresisasi karena dinggap sebagai dukungan terhadap pemberantasan korupsi," ucap Asep.

Apalagi, ia baru mendapatkan adanya laporan polisi baru dari informasi awak media. Maka itu, terkait surat pemanggilan apapun, pihak polisi kepada Greenpeace pun belum diterima oleh pihaknya sama sekali.

Baca Juga: Kritik Berani Jujur Pecat, KPK Polisikan Aktivis Greenpeace Indonesia

Baca Juga: Bertepatan Harlah, Idul Adha Kali Ini Spesial bagi PKB Jatim

"Ya, terkait ini kami baru dapat kabar dari temen-teman jurnalis malah. Kami belum tahu kalau dilaporkan, dan kami belum dapat surat apa-apa (panggilan)," imbuhnya.

Sebelumnya, KPK-RI melaporkan aksi Greenpeace Indonesia yang memproyeksikan laser berisi pesan-pesan menohok di Gedung lembaga antikorupsi itu.

Laser yang membentuk kalimat kritik kepada lembaga antirasuah itu terkait Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) pegawai KPK, yang dilakukan kelompok masyarakat sipil lembaga swadaya masyarakat Greenpeace Indonesia.

"Benar, peristiwa penyinaran laser ke arah Gedung KPK pada 28 Juni 2021 sekitar pukul 19.05 WIB oleh pihak eksternal, KPK melalui Biro Umum telah melakukan koordinasi dan pelaporan ke Polres Jakarta Selatan," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (19/7/2021). (C)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga