Alat Pertanian Kurang Memadai, Pemda Muna Barat Bantu Petani Dua Jonder

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 09 Januari 2024
0 dilihat
Alat Pertanian Kurang Memadai, Pemda Muna Barat Bantu Petani Dua Jonder
Pemda Muna Barat beri bantuan dua unit jonder untuk kelompok tani. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Keluhkan susahnya dalam mengelola lahan dengan terus menyewa jonder, Pemerintah Muna Barat memberikan bantuan hibah berupa dua unit jonder kepada petani "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Keluhkan susahnya dalam mengelola lahan dengan terus menyewa jonder, Pemerintah Muna Barat memberikan bantuan hibah berupa dua unit jonder kepada petani.

Pantauan Telisik.id, Pj Bupati Muna Barat bersama Sekda, dan pihak Dinas Pertanian, menyerahkan dua unit jonder kepada petani, Selasa (9/1/2024).

Keluhan itu disampaikan oleh ketua kelompok tani Kelurahan Waumere bahwa selama ini kelompok tani di desanya selalu kesulitan dalam mengelola lahan, hal ini dipicu karena belum memadainya  alat pertanian yang dimiliki.

Maka dengan kurangnya alat pertanian tersebut, kelompok tani di Desa Waumere selalu menyewa alat pertanian, khususnya jonder dengan harga yang terbilang sangat mahal dengan hitungan per hektare.

Baca Juga: Mentan RI Bakal Salurkan Bantuan Pertanian Saat Berkunjung ke Kabupaten Konawe

"Kami biasa menyewa jonder mencapai Rp 2 juta per hektare, yang kemudian jonder ini digunakan untuk mengelola lahan," ungkapnya.

Penjabat Bupati Muna Barat, La Ode Butolo, mengharapkan dengan adanya bantuan yang diberikan oleh pemda bagi kelompok tani, dapat meringankan beban petani, terlebih selama ini petani mengelola lahan selalu menyewa jonder.

Baca Juga: Dampak El Nino, Lahan Pertanian di Muna Barat Alami Puso

"Dengan produksi kelompok tani yang ada di Muna Barat ini juga mampu menekan inflasi daerah," ungkapnya.

Dengan pemberian jonder dari pemerintah, kelompok tani sangat bersyukur. Pasalnya dengan bantuan ini, sedikit mengurangi pengeluaran dana dalam pengelolaan lahan. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga