Alat USG Kini Tersedia, Warga di Pulau Binongko Wakatobi Tak Perlu Merogoh Kocek Jutaan Rupiah

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Sabtu, 17 Juni 2023
0 dilihat
Alat USG Kini Tersedia, Warga di Pulau Binongko Wakatobi Tak Perlu Merogoh Kocek Jutaan Rupiah
Mesin USG yang kini tersedia di Puskesmas Binongko dan Togo Binongko. Foto: Facebook Merdeka Sehat Togobinongko

" Ibu hamil di pulau Binongko Wakatobi, tidak perlu lagi merogoh kocek hingga jutaan rupiah untuk memeriksa kehamilan di ibu kota. Kini Puskesmas Binongko dan Togo Binongko telah menyediakan alat ultrasonografi (USG) "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Ibu hamil di pulau Binongko Wakatobi, tidak perlu lagi merogoh kocek hingga jutaan rupiah untuk memeriksa kehamilan di ibu kota. Kini Puskesmas Binongko dan Togo Binongko telah menyediakan alat ultrasonografi (USG).

Terletak di ujung pulau Kabupaten Wakatobi, para ibu hamil di Pulau Binongko selama ini rela mengeluarkan hingga jutaan rupiah untuk memeriksa keadaan janinnya. Namun yang ekonominya pas-pasan, mereka tidak bisa memeriksa kehamilannya.

Kepala UPTD Puskesmas Popalia Kecamatan Togo Binongko, Jufriadi mengungkapkan, mesin USG bantuan dari Dinas Kesehatan Wakatobi baru tiba. Mereka akan memperkenalkan kepada masyarakat, para ibu hamil sudah bisa memeriksa kandungannya dengan alat USG yang sekarang telah tersedia di puskesmas.

Baca Juga: Jaringan Telekomunikasi di Marina Togo Mowondu Wakatobi Diperkuat

Ia juga mengungkapkan, dengan adanya mesin USG, masyarakat bisa terbantu tanpa harus ke ibu kota. Terlebih cuaca perairan yang bergelombang saat ini sangat membahayakan.

"Semoga dengan adanya mesin USG ini bisa mengurangi jumlah rujukan pasien ke Ibu kota. Dan di sini ada 2 dokter, yang satunya sementara pendidikan ambil jurusan spesialis obgyn juga.," ucap Jufriadi, Sabtu (17/6/2023).

Jufriadi juga mengharapkan ke Dinas Kesehatan Wakatobi untuk menyediakan ambulance laut di Pulau Binongko. Sehingga jika ada pasien gawat darurat bisa ditangani langsung tanpa harus menunggu speedboat dari kabupaten atau menunggu kapal reguler.

Baca Juga: UNESCO Kembali Tetapkan Taman Nasional Wakatobi Sebagai Cagar Biosfer Bumi

Salah seorang ibu hamil yang baru saja memeriksa kandungannya di Puskesmas Binongko, Waode Suhartini mengungkapkan, saat kehamilan pertamanya, ia belum pernah melakukan pemeriksaan kandungan karena jarak dan transportasi. Namun dia bersyukur di kehamilan kedua bisa melakukan pemeriksaan gratis tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun

"Senang sudah bisa memeriksa kehamilan di sini, karena bisa tahu kesehatan bayi bagaimana," ujarnya. (B)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga