Ali Mazi Beber Prestasi saat Rapat Paripurna HUT Sulawesi Tenggara

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 27 April 2023
0 dilihat
Ali Mazi Beber Prestasi saat Rapat Paripurna HUT Sulawesi Tenggara
Ali Mazi beber prestasi saat memberikan sambutan di rapat paripurna DPRD Sulawesi Tenggara yang digelar di Aula Bahteramas Kantor Gubernur. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Menyambut HUT ke-59 Sulawesi Tenggara, DPRD menggelar rapat paripurna di Aula Bahteramas Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Menyambut HUT ke-59 Sulawesi Tenggara, DPRD menggelar rapat paripurna di Aula Bahteramas Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara.

Saat membuka rapat paripurna, Ketua DPRD Sulawesi Tenggara, Abdurrahman Shaleh menuturkan terbentuknya Provinsi Sulawesi Tenggara tak lepas dari para pendahulu dimulai sejak J. Wayong, La Ode Hadi, Eddy Sabara, Abdullah Silondee, Alule, Le Ode Kaimoeddin, Ali Mazi, dan Nur Alam dan Ali Mazi.

"Kita tidak bisa menafikan terjadinya perkembangan daerah kita dari waktu ke waktu yang telah diantarkan oleh para pimpinan daerah ini," bebernya saat membawakan sambutan, Kamis (27/4/2023).

Baca Juga: Menteri Dalam Negeri Dijadwalkan Akan Resmikan Kantor Balai Kota Kendari

Selain itu ia juga mengapresiasi dua penghargaan yakni Maritim Award 2023 untuk kategori utama bidang perintis maritim yang diberikan oleh International Sea Port Exhibition And Conference (ISPEC) dan penghargaan dari Pemerintah Pusat, di mana Sulawesi Tenggara sebagai salah satu provinsi yang berhasil mendukung program JKN-KIS sebagai program strategis nasional.

Sulawesi Tenggara dipandang berhasil dalam mendorong terwujudnya cakupan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC) di Indonesia. Penghargaan tersebut dinilai sebagai kado istimewa bagi Sulawesi Tenggara yang ke-59 tahun.

Selama lima tahun terakhir, Sulawesi Tenggara telah mendapatkan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah dan event yang berskala regional dan nasional bahkan Sulawesi Tenggara salah satunya penyelenggaraan PTQ LPP RRI Tingkat Nasional ke-53.

Berbagai event tersebut memberikan manfaat tersendiri bagi daerah dan menunjukkan bahwa daerah ini semakin memantapkan eksistensinya sejajar dengan provins-provinsi lain di Indonesia.

Saat membuka sambutannya, Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi menuturkan di tahun 2022, indikator makro pembangunan seperti kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat tergolong aman, pertumbuhan ekonomi dan indeks pembangunan manusia (IPM) yang meningkat, serta tingkat kemiskinan, dan tingkat pengangguran terbuka yang menurun dari tahun sebelumnya.

Baca Juga: Cegah Stunting dengan Menjaga 1.000 HPK

"Alhamdulillah kita bersyukur karena di usia Sulawesi Tenggara yang ke-59 tahun, daerah kita telah mencapai beberapa kemajuan yang cukup membanggakan," beber Ali Mazi.

Ia menambahkan di balik kondisi makro tersebut, juga ada capaian-capaian yang harus mendapatkan perhatian, yaitu keadaan inflasi pada dua kota besar di daerah kita (Kota Kendari dan Baubau) pada Maret 2023 yang tergolong tinggi, sehingga perlu diwaspadai dan ketimpangan pendapatan masyarakat yang diukur oleh gini ratio, yang masih berada pada ketimpangan level sedang. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga