Ali Mazi Siap Nyaleg, Pengamat: Persaingan Internal NasDem Sengit

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 31 Januari 2023
0 dilihat
Ali Mazi Siap Nyaleg, Pengamat: Persaingan Internal NasDem Sengit
Ali Mazi saat membawakan sambutannya mengatakan keinginannya nyaleg dalam kegiatan yang digelar oleh IKA UMI Sulawesi Tenggara. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Siapa yang tak mengenal Ali Mazi yang kini masih menjabat Gubernur Sulawesi Tenggara periode 2018-2023. Melihat dirinya yang tak mungkin lagi maju sebagai calon gubernur, berencana akan maju sebagai calon anggota DPR RI di Pemilu 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID - Siapa yang tak mengenal Ali Mazi yang kini masih menjabat Gubernur Sulawesi Tenggara periode 2018-2023. Melihat dirinya yang tak mungkin lagi maju sebagai calon gubernur, berencana akan maju sebagai calon anggota DPR RI di Pemilu 2024.

Hal tersebut Ali Mazi sampaikan saat membawakan sambutan di acara musyawarah wilayah Ikatan Alumni Universitas Muslim Indonesia Sulawesi Tenggara (Muswil IKA UMI) di salah satu hotel di Kota Kendari pada beberapa waktu lalu.

Ali Mazi berharap, satu dari enam perwakilan Sulawesi Tenggara yang duduk di DPR RI berasal dari IKA UMI Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Partai Hanura Muna Barat Buka Pendaftaran Bacaleg Tanpa Mahar

"Mudah-mudahan ada dari alumni IKA yang menjadi anggota DPR, namanya Ahmad Safei. Tapi bagaimana pun juga gubernur memiliki potensi 17 kabupaten/kota mungkin bisa kita bagi dua, karena saya juga maju," ucap Ali Mazi sembari tertawa yang diikuti oleh para hadirin.

Ali Mazi menjelaskan, dirinya tak mungkin lagi maju sebagai calon gubernur karena konstitusi tegas membatasi jabatan gubernur hanya sampai dua periode.

Sebelumnya, Ali Mazi pernah menjabat Gubernur Sulawesi Tenggara, periode pertama sejak 2003 hingga 2008 dan periode kedua sejak 5 September 2018 hingga 5 September 2023.

"Tapi kalau calon DPR RI oke. Artinya setelah kita selesai membangun di sini, kita membangun lewat pusat," pungkasnya.

Baca Juga: Ini Nama Timsel Calon Anggota KPU Sulawesi Tenggara Periode 2023-2028

Terpisah, Pengamat Politik, M Najib Husain menilai, Ali Mazi punya basis suara di Buton Raya, sehingga ia juga memiliki pendukung yang tak sedikit. Kini ia masih menjabat sebagai gubernur tentu setiap legacy akan menjadi ukuran bagi masyarakat Sulawesi Tenggara.

"Apakah legacy yang menjamin dia untuk naik ke senayan atau tidak, karena di partai NasDem sendiri ada beberapa calon yang akan tampil seperti Tina Nur Alam, Kerry Saiful Konggoasa, dan dia sendiri," tuturnya.

Selain Ali Mazi, ada beberapa nama potensial yang dimiliki NasDem juga memiliki pendukung yang tak sedikit. Najib menilai, persaingan internal para kader akan sangat sengit menjelang tahun politik di 2024 mendatang. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga