adplus-dvertising

Amalan dan Zikir yang menghapuskan Dosa Meski Sebanyak Buih di Lautan

Haerani Hambali, telisik indonesia
Jumat, 15 Oktober 2021
16369 dilihat
Amalan dan Zikir yang menghapuskan Dosa Meski Sebanyak Buih di Lautan
Tidaklah dua Muslim itu bertemu lantas berjabat tangan melainkan akan diampuni dosa di antara keduanya sebelum berpisah. Foto: Repro Sindonews.com 

" Berikut Amalan dan Zikir yang menghapuskan Dosa dikutip dari berbagai sumber "

KENDARI, TELISIK.ID - Tidak ada manusia yang terbebas dari dosa. Karena Allah SWT memiliki sifat Maha Pengampun dan menerima taubat, sebesar apapun kesalahan manusia, pasti mendapat ampunan asalkan hamba-Nya itu tidak menyekutukan-Nya. 

Penghapusan dosa dari Allah kadang dilakukan dengan menimpakan musibah besar. Musibah-musibah besar bukan cuma menghapus dosa, tapi juga mengubah dosa menjadi kebaikan ketika manusia bersabar dalam menghadapinya.

Dilansir dari Detik.com, berikut ini Amalan yang menghapuskan Dosa

 


1. Berbuat Baik

Berbuat baik dapat menjadi amalan penghapus dosa, sesuai dengan riwayat Al-Tirmidzi, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,

"Iringilah perbuatan dosa dengan kebaikan, niscaya kebaikan itu akan menghapusnya."

Allah SWT dalam Qur'an surat Hud ayat 114 berfirman mengenai perbuatan baik dapat menghapus dosa. 

Artinya: Dan laksanakanlah salat pada kedua ujung siang (pagi dan petang) dan pada bagian permulaan malam. Perbuatan-perbuatan baik itu menghapus kesalahan-kesalahan. Itulah peringatan bagi orang-orang yang selalu mengingat (Allah).

2. Salat Fardhu

Nabi Muhammad SAW bersabda dalam hadis riwayat Muslim, di antara salat lima waktu, hari Jumat dengan Jumat berikutnya, hingga Ramadan dan Ramadan selanjutnya ada waktu pengampunan dosa yang diberikan oleh Allah SWT.

"Antara salat yang lima waktu, antara Jumat yang satu dan Jumat berikutnya, antara Ramadan yang satu dan Ramadan berikutnya, di antara amalan-amalan tersebut akan diampuni dosa-dosa selama seseorang menjauhi dosa-dosa besar."

3. Berzikir

Nabi Muhammad SAW bersabda dalam hadis riwayat Bukhari, ada zikir penghapus dosa sebanyak buih di lautan. Zikir tersebut dapat dibaca kapan saja untuk meleburkan dosa.

"Barang siapa yang berkata subhanallah wa bihamdihi (Maha Suci Allah dan dengan segala pujian bagi-Nya), sebanyak 100 kali maka akan dihapus dosa-dosanya sekalipun sebanyak buih lautan."

4. Salat Taubat

Salat taubat harus dilakukan dengan perasaan tulus dan berjanji untuk tidak akan mengulangi dosa tersebut.

Dalam Quran surat Ali Imran ayat 135, Allah berfirman,

Artinya: Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, (segera) mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui.

5. Berpuasa Ramadan

Dalam hadis riwayat Bukhari, Nabi Muhammad SAW bersabda,

"Barangsiapa yang puasa Ramadan karena iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu."

6. Berwudhu

Amalan yang menjadi kewajiban sebelum menunaikan shalat ini juga bisa menggugurkan dosa-dosa seorang hamba. Rasulullah SAW bersabda,

“Barangsiapa yang berwudhu, kemudian memperbagus wudhunya, maka dosa-dosanya akan berguguran dari jasadnya sampai keluar dari bawah kuku-kukunya.” [HR Al-Bukhari dan Muslim dari Utsman bin ‘Affan RA].

7. Berjabat tangan

Dikutip dari Republika.co.id, Allah SWT mengetahui hamba-Nya adalah makhluk yang banyak berbuat dosa. Menjabat tangan menjadi salah satu sunnah Nabi Muhammad yang bisa menggugurkan dosa-dosa. Rasulullah SAW bersabda,

“Tidaklah dua Muslim itu bertemu lantas berjabat tangan melainkan akan diampuni dosa di antara keduanya sebelum berpisah.” (HR Abu Dawud). 

8. Bersabar ketika terkena musibah

Jika seorang Muslim bersabar dalam melewati segala musibah, Allah akan memberikan ampunan atas dosa-dosanya. Seperti sabda Rasulullah SAW,

"Tidaklah menimpa seorang Muslim: rasa capek, sakit, cemas, sedih, ataupun suatu gangguan, maupun gundah gulana, sekalipun duri, kecuali Allah akan hapuskan dosa-dosanya dengan sebab itu." (HR al-Bukhari).

9. Salat Jumat

Rasulullah SAW bersabda,

“Barangsiapa yang berwudhu menyempurnakan wudhunya, kemudian mendatangi salat Jumat, menyimak dengan baik dan diam, akan diampuni dosa di antara Jumat lalu dengan Jumat yang sedang dikerjakan dengan tambahan 3 hari. Barangsiapa yang menyentuh (memain-mainkan) kerikil maka sungguh ia telah sia-sia.” (HR Muslim).

Selain amalan-amalan itu, ada pula zikir yang dapat menghapuskan dosa, seperti dikutip dari Pikiranrakyat.com.

 

1. Istighfar

Berzikir dengan membaca kalimat Istigfar untuk selalu mengingat Allah Subhanahu Wataalla sangat dianjurkan dilakukan setiap hari. Apalagi bacaan itu bermakna untuk memohon ampun kepada Allah atas dosa-dosa yang diperbuat selama ini.

Tak hanya meminta ampun, Istigfar ternyata juga bisa membukakan pintu rezeki. Hal itu dijelaskan Allah dalam firman-Nya di Surat Nuh ayat 10-12.

"Maka Aku katakan kepada mereka: Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan kepadamu hujan lebat, dan membanyakkan harta, anak-anak, dan mengadakan untukmu kebun-kebun, serta mengadakan untukmu sungai-sungai.'' (QS Nuh : 10-12).

2. Subhanallah Wa Bihamdihi Subhanallahil Adzim

Amalan ringan yang bisa menghapus dosa salah satunya ialah dengan mengucap kalimat "Subhanallah Wa Bihamdihi, Subhanallahil Adzim" (HR Bukhari 7/168 dan Muslim 4/2072).

Dua kalimat tersebut ringan di lidah (mudah diucapkan), namun berat timbangannya di akhirat, serta dua kalimat tersebut merupakan kalimat yang dicintai oleh Allah.

3. La haula walaa quwwata illa billah

Dengan mengucapkan "La haula walaa quwwata illa billah", Anda bisa mendapat ampunan sekaligus memanen harta karun dari surga.

Amalan untuk mendapatkan yang lebih baik dari dunia dan seluruh isinya

Dari Abu Hurairah dia berkata, "Rasullullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda, sesungguhnya membaca subhanallah walhamdulillah wala ilaha illahu Allahu Akbar (Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, dan Allah Maha Besar) adalah lebih aku cinta daripada segala sesuatu yang terkena sinar matahari. (HR Muslim no. 2695).

4. Salawat

Amalan ringan yang bisa mengundang rahmat Allah SWT adalah mengucapkan, "Allahumma sholli 'ala Muhammad wa 'ala ali Muhammad."

Dengan bersalawat 1 kali, maka Allah akan memberi salam pada kita 10 kali yang artinya tambahan rahmat, berkah hidupnya mudah rejeki dan dimudahkan urusannya.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa salam bersabda, "Barangsiapa yang bersalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bersalawat kepadanya sepuluh kali." (HR. Muslim no.408).

5. Membaca surat Al Ikhlas

Membaca surat Al Ikhlas 10 kali dalam 1 hari akan membuat seseorang dibangunkan istana di surga.

Dari Mu'adz bin Anas Al-Juhaniy Radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Siapa yang membaca qul huwallahu ahad sampai ia merampungkannya (surah Al-Ikhlas), sebanyak 10 kali maka akan dibangunkan baginya rumah di surga." (HR. Ahmad, 3: 347). (C)

Reporter: Haerani Hambali 

Editor: Fitrah Nugraha 

Artikel Terkait
Baca Juga