Amalan Ini Perlu Dipersiapkan Jelang Ramadan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 22 Maret 2023
0 dilihat
Amalan Ini Perlu Dipersiapkan Jelang Ramadan
Jelang bulan suci Ramadan, umat Islam di seluruh dunia bergegas mempersiapkan diri. Di bulan ini, umat Islam akan melaksanakan ibadah puasa wajib selama satu bulan penuh. Foto: Repro Detik.com

" Bulan suci Ramadan merupakan ajang perlombaan bagi umat Islam terutama dalam memperbanyak amal ibadah "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjelang bulan suci Ramadan, umat Islam di seluruh dunia bergegas mempersiapkan diri. Di bulan ini, umat Islam akan melaksanakan ibadah puasa wajib selama satu bulan penuh.

Dilansir dari Detik.com, bulan suci Ramadan merupakan ajang perlombaan bagi umat Islam terutama dalam memperbanyak amal ibadah.

Berikut amalan yang perlu disiapken jelang bulan suci Ramadan dikutip dari Liputan6.com dan Detik.com:

1. Bertaubat

Bertaubat adalah amalan yang pertama kali harus dipersiapkan dalam menghadapi bulan Ramadan. Orang yang selama ini mencuri, berhenti mencuri. Orang yang selama ini korupsi, segeralah berhenti korupsi. Begitu pula dengan orang yang sering membicarakan aib orang lain, mulailah untuk diam. Inilah masanya taubat pada Allah. 

Baca Juga: Ini 6 Amalan Sunah Sebelum dan Sesudah Salat Idul Fitri

“Ada orang yang salah dan berdosa. Setelah itu ia mandi, salat sunah dua rakat (salat taubat), kemudian dia beristighfar meminta ampun kepada Allah, maka Allah mengampuni dosa-dosanya,” beber ustaz Abdul Somad.

2. Persiapkan diri secara spiritual

Mempersiapkan diri secara spiritual untuk menyambut Ramadan dapat dilakukan dengan meluangkan waktu untuk menyempurnakan doa dan bacaan Al-Qur'an. Umat muslim juga dapat membangun kepercayaan diri dengan memimpin doa di antara keluarga atau teman sepergaulan.

Selain itu, umat muslim dapat mendorong dirinya untuk mempelajari surat-surat baru yang dibaca selama melakukan ibadah salat, baik salat wajib maupun sunah, agar lebih terpenuhi secara spiritual.

Biasakan juga untuk membaca Al-Qur'an setelah salat dan mempelajari isinya, meskipun hanya melihat terjemahan dan mendengarkan bacaan. Umat muslim yang senantiasa dapat meningkatkan pemahamannya tentang Al-Qur'an, pasti akan membuat dirinya lebih dekat kepada Allah SWT.

3. Menjaga kesehatan

Sebagai umat muslim, penting untuk menjaga kesehatan selama Ramadan, baik sehat secara fisik maupun mental, untuk melakukan ibadah puasa sebulan lamanya.

Baca Juga: Lakukan Amalan Ini di Bulan Ramadan, Dicontohkan Rasulullah

Sebelum Ramadan tiba, umat muslim dapat memeriksa kembali kondisi tubuh dan pikirannya untuk memastikan apakah perlu memeriksakan diri kepada ahli kesehatan atau tidak. Demikian pula, apabila seorang muslim memiliki kondisi medis yang mengharuskan diri mengonsumsi obat di siang hari, dapat memastikan ulang kepada dokter terkait jadwal yang paling sesuai saat berpuasa.

4. Hindari hal-hal negatif

Sebelum Ramadan tiba, umat muslim perlu menyingkirkan aktivitas, perbuatan, dan kebiasaan negatif. Salah satunya dengan menyadari bahwa kata-kata dan tindakan kita tidak menyakiti orang lain.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, "Jangan katakan apapun dengan lidahmu kecuali apa yang benar, dan jangan ulurkan tanganmu kecuali untuk berbuat baik." (Syu'ab Al-Iman). (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga