adplus-dvertising

Amalan yang Harus Diistiqomahkan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Irawati, telisik indonesia
Senin, 06 Desember 2021
5489 dilihat
Amalan yang Harus Diistiqomahkan Dalam Kehidupan Sehari-hari
Al-Quran mengajarkan, kepada umat manusia untuk istiqamah. Foto: Repro dream.co.id

" Sangat penting bagi setiap Muslim untuk menapaki jalan istiqamah dalam beribadah hingga akhir hayat "

KENDARI, TELISIK.ID - Istiqamah menurut agama Islam adalah taat asas atau teguh pendirian, tidak mudah terpengaruh oleh situasi yang berkembang, sehingga tetap pada apa yang diyakini sebelumnya.

Karenanya, sangat penting bagi setiap Muslim untuk menapaki jalan istiqamah dalam beribadah hingga akhir hayat.

Al-Quran mengajarkan, kepada umat manusia untuk istiqamah, utamanya dalam hal berpegang teguh pada keyakinan akan Allah SWT, seperti yang tertera dalam surah berikut ini:


Innal ladziina qooluu Rabbunal laahu summas taqoomuu falaa khawfun 'alaihim wa laahum yahzanuun

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang berkata, "Tuhan kami adalah Allah," kemudian mereka tetap istiqamah tidak ada rasa khawatir pada mereka, dan mereka tidak (pula) bersedih hati." (QS. Al-Ahqaf: 13).

Rasulullah SAW juga bersabda:

“Istiqamahlah kalian dan janganlah menghitung-hitung," (HR. Ibnu Majah).

Mengutip dari Tirto.id, pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo KH. M. Anwar Manshur dalam channel YouTube Ponpes Lirboyo mengatakan, salah satu bentuk istiqamah adalah dalam mengamalkan ilmu agama.

"Dalam mengaji contohnya, tiba-tiba tak terasa sudah banyak yang dibaca. Semoga amal ini bisa diterima oleh Allah SWT dan amal soleh lainnya. Dan mari, ilmu yang sudah kita ketahui kita amalkan. Al 'ilmu lil 'amal. Jadi ilmu, itu untuk diamalkan," ujarnya.

Anwar menambahkan, bahwa ilmu yang awalnya tidak diketahui, selanjutnya jadi tahu dan perlu diamalkan. Yang terpenting adalah, kata dia, selalu istiqamah dalam mengajinya.

Bagi kita umat Muslim banyak amalan, sunnah-sunnah Rasulullah SAW yang memiliki manfaat, jika kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain mendapatkan manfaat jika kita mengamalkannya, melakukannya dengan rasa ikhlas akan mendapatkan pahala yang setimpal.

Melansir dari pikiran-rakyat.com, amalan-amalan berikut ini bisa kita lakukan, kita jaga, dan selalu istiqamah menjalankannya, yaitu :

1. Membaca dan mencintai Al-Qur'an

Selain akan mendapat pahala besar, membaca Al-Qur'an juga memiliki keutamaan lainnya seperti sabda Nabi Muhammad SAW berikut:

Rasulullah SAW bersabda: “Bacalah (Al-Qur'an), naiklah (pada darajat-darajat surga) dan bacalah dengan tartil sebagaimana halnya dengan tartil di dunia. Sesungguhnya, kedudukan derajatmu sama atau sesuai kadar akhir ayat yang engkau baca.” (HR. Ahmad).

2. Menjawab adzan dan membaca doa setelahnya

Menjawab adzan seperti yang dikumandangkan mu'adzin, dan membaca doa setelah selesai seperti berikut :

"Allaahumma robba haadzihid da'watit taammah, washsholaatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal, 'aaliyatar rofii'ah, wab'atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa'adtah, innaka laa tukhliful mii'aadz."

Jaminannya, kita mendapat syafaat dari Rasulullah SAW yang akan membuat kita selamat di akhirat kelak.

Baca Juga: 6 Cara dan Doa Agar Tetap Istiqamah di Jalan Allah

3. Jangan tinggalkan qobliyah subuh

Melaksanakan qobliyah subuh kebaikannya lebih bernilai dari dunia dan seisinya. Seperti yang dijelaskan dalam Hadis Riwayat Muslim berikut:

“Dua raka'at fajar (salat sunah qobliyah subuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim no. 725).

4. Salat witir sebelum tidur

Merupakan salah satu wasiat langsung dari Rasulullah SAW. Seperti yang dijelaskan dalam Hadis Riwayat Bukhari berikut: 

Abu Hurairah radhiyallahu anhu berkata, “Kekasihku Shallallahu ‘alaihi wa sallam, mewasiatkan kepadaku tiga perkara yang tidak akan aku minta aku wafat; berpuasa tiga hari setiap bulan, salat Dhuha dan tidur setelah salat Witir.” (HR. Bukhari dalam kitab at-Tahajjud, bab Shalaatudh Dhuha fil Hadhar, No. 1178).

5. Jangan lepaskan ayat kursi setelah salat 5 waktu

Kelebihannya adalah jarak kita dengan surga adalah hanya kematian. Seperti yang dijelaskan dalam Hadis Riwayat An Nasa'i berikut:

"Barangsiapa membaca ayat kursi setiap selesai salat wajib, maka tidak ada yang bisa menghalanginya untuk masuk surga kecuali kematian." (HR. An Nasa'i).

Baca Juga: Hukum Bunuh Diri Dalam Islam, Pelakunya Kekal di Neraka?

Kita sebagai seorang Muslim, harus terus berusaha agar istiqamah di jalan Allah SWT agar selamat di dunia dan di akhirat.

Karena sesungguhnya kehidupan di dunia ini hanya sementara dan akhirat selama-lamanya. Jangan tertipu dengan kehidupan dunia yang hanya bersifat sementara ini. (C)

Reporter: Irawati

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga