Ambulance Dibawa Kapus, Pasien Melahirkan Naik Pick Up

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 24 Juni 2020
0 dilihat
Ambulance Dibawa Kapus, Pasien Melahirkan Naik Pick Up
Pasien melahirkan saat pulang dari Puskesmas Batukara menumpangi pick up. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kapus itu buat kendaraan puskesmas seperti milik pribadi. Ambulance tidak pernah ada di Puskesmas Batukara. "

MUNA, TELISIK.ID - Kendaraan operasional yang seharusnya digunakan untuk melayani pasien, malah digunakan Kepala Puskesmas (Kapus) Batukara, Kecamatan Batukara, Kabupaten Muna, untuk kepentingan pribadi.

Ambulance digunakan Kepala Puskesmas, Muhammad Salam, untuk bolak balik dari puskesmas ke rumahnya di Kecamatan Maligano yang jaraknya sangat jauh.

Bahkan pada tanggal 11 Juni lalu, ada pasien yang melahirkan di puskesmas. Saat akan dipulangkan ke rumahnya, ambulance tidak ada. Pasien dan bayinya terpaksa naik mobil pick up.  

"Kapus itu buat kendaraan puskesmas seperti milik pribadi. Ambulance tidak pernah ada di Puskesmas Batukara," kata La Ode Alkap Aprianto, perwakilan Ikatan Pemuda Mahasiswa Batukara saat memgadukan persoalan itu di Dinkes Muna.

Baca juga: Massa Aksi dan Aparat Kepolisian Bentrok

Bukan itu saja, sejak menjabat sebagai Kapus, Salam tidak akur dengan stafnya. "Ada ketidakcocokan dengan staf, sehingga pelayanan sedikit terganggu," ungkapnya.

Karena itu, Alkap meminta agar Bupati Muna, LM Rusman Emba segera mengevaluasi Kapus Batukara. Paling tidak ada sanksi yang diberikan, sehingga tidak mengulangi perbuatanya.  

Kadinkes Muna, La Ode Rimba Sua berjanji akan menindaklanjuti aduan dari masyarakat. Ia menyayangkan sikap kapus yang mengunakan ambulance untuk kepentingan pribadi. Kata dia, ambulance itu 1x24 jam harus stand by di puskesmas dalam rangka pelayanan pada masyarakat.

"Saya akan turun cek langsung di puskesmas. Kita akan beri pembinaan kapusnya, kalau juga masih mengulangi, akan ada tindakan tegas," janjinya.

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga