Amien Rais Ungkap Dugaan Akan Ada Skenario Agar Jokowi Bisa 3 Periode

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 14 Maret 2021
0 dilihat
Amien Rais Ungkap Dugaan Akan Ada Skenario Agar Jokowi Bisa 3 Periode
Amien Rais dalam videonya. Foto: Repro akun YouTube Amien Rais Official

" Tapi kita sadar demokrasi kita sudah menjadi oligarki yang tidak menguntungkan banyak orang, tapi menguntungkan kelompok elit yang bikin kita prihatin. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Eks Ketua MPR RI, Amien Rais menyoroti demokrasi Indonesia yang menurutnya merosot drastis sampai kini ada kesan berubah menjadi oligarki.

Amien Rais mengatakan, hal itu membuat orang-orang prihatin karena telah menguntungkan kelompok elit politik saja.

Hal itu disampaikan oleh Amien Rais dalam sebuah tayangan yang disiarkan lewat akun YouTube miliknya bernama Amien Rais Official pada Sabtu (13/3/2021) malam.

"Sejak memproklamasikan kemerdekaan, demokrasi yang ingin kita tegakkan dari waktu ke waktu bukan menguat malah merosot makin buruk. Bahkan sekarang mungkin kita tidak bisa bicara demokrasi dengan bangga," kata Amien Rais dikutip dari Suara.com jaringan Telisik.id, Minggu (14/3/2021).

"Tapi kita sadar demokrasi kita sudah menjadi oligarki yang tidak menguntungkan banyak orang, tapi menguntungkan kelompok elit yang bikin kita prihatin," sambungnya.

Melanjutkan hal itu, Amien Rais mengungkapkan kecurigaannya terkait adanya usaha pemerintahan Jokowi menguasai seluruh lembaga tinggi negara. Hal itu menurutnya, sangat berbahaya.

Baca juga: Teguh Bersama AHY, Demokrat Surabaya Ketuk Pintu Langit Lewat Doa

Politisi senior tersebut juga mengaku menangkap sinyal politik atau skenario yang mengarah agar Presiden Jokowi bisa terpilih lagi hingga tiga periode.

"Yang paling berbahaya sekarang adalah ada usaha-usaha yang betul-betul luar biasa, skenario, dan back up politik serta keuangannya itu, supaya Presiden Jokowi bisa mencengkeram lembaga tinggi negara khususnya DPR, MPR, DPD," kata Amien Rais.

"Tentu ini sangat berbahaya. Jadi sekarang ada semacam opini yang semula samar sekarang semakin ke arah mana rezim Jokowi melihat masa depannya," sambungnya.

Amien Rais curiga Presiden Jokowi akan mendorong adanya sidang istimewa MPR untuk melakukan perubahan terhadap sejumlah pasal. Salah satunya memberikan hak bagi presiden agar bisa dipilih tiga kali.

Meski begitu, Pendiri Partai Ummat tersebut menegaskan bahwa semua masih sebatas menjadi dugaan saja.

"Jadi mereka akan mengambil langkah pertama meminta sidang istimewa MPR, ya mungkin satu dua pasal yang katanya perlu diperbaiki. Yang mana saya juga tidak tahu," tukasnya.

Baca juga: DPP Partai PRIMA dan PSII Gelar Silaturahmi Politik

"Tapi kemudian nanti akan ditawarkan pasal baru yang kemudian memberikan hak bahwa presiden itu bisa dipilih tiga kali," sambung Amien Rais.

Anggota Tim Pengawal Peristiwa Pembunuhan (TP3) Enam Laskar FPI itu mengatakan, seharusnya dugaan sebagaimana dipaparkan tidak boleh terjadi.

Pasalnya, menurut Amien Rais merasa hal itu bisa menghancurkan demokrasi dan mengarah pada kehancuran negara.

Tak pelak, Amien Rais meminta agar lembaga tinggi negara seperti DPR, MPR, dan DPD tidak membiarkan hal semacam itu terjadi.

"Saya meminta saudara sekalian anggota DPR, MPR, DPD, lembaga tinggi negara yang lain, akankah kita biarkan plotting rezim sekarang ini? Akan memasukkan pasal supaya dipilih ketiga kalinya? Ini dugaan saya, bisa keliru. Kalau keliru saya minta maaf," papar Amien Rais.

"Jadi saudara sekalian, it's now or never itu maksud saya. Bukan hari ini atau bulan depan ya. Masih ada waktu ya, bagaimana kita tekan Pak Jokowi," tandasnya. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga