Anak Finlandia Cerdas Walau Belajar Cuma 3 Jam Tak Pernah Ada PR, Ini Rahasianya

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 30 Januari 2023
0 dilihat
Anak Finlandia Cerdas Walau Belajar Cuma 3 Jam Tak Pernah Ada PR, Ini Rahasianya
Selain dikenal sebagai negara paling bahagia, Finlandia juga dikenal sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Foto: Repro Inpresbaera

" Dalam dunia pendidikan di Finlandia, ada syarat jika anak ingin masuk sekolah, salah satu yang patut dipatuhi adalah anak tersebut harus berusia 7 tahun "

FINLANDIA, TELISIK.ID - Selain dikenal sebagai negara paling bahagia, Finlandia juga dikenal sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Beberapa di antara sistem pendidikan Finlandia, waktu belajar cuma 3 sampai 5 jam. Tak hanya itu, anak di Finlandia juga menerima pelajaran dengan begitu santai hingga menyenangkan hati. Berikut Telisik.id merangkum rahasianya, dilansir dari berbagai sumber.

1. Mulai sekolah usia 7 tahun

Melansir Brilio.net, dalam dunia pendidikan di Finlandia, ada syarat jika anak ingin masuk sekolah, salah satu yang patut dipatuhi adalah anak tersebut harus berusia 7 tahun.

Kurang dari itu belum bisa diterima di sekolah. Tindakan tersebut bukan tanpa alasan. Finlandia mempertimbangkan kesiapan mental dari anak-anak tersebut ketika memasuki dunia sekolah.

2. Biaya pendidikan gratis

Baca Juga: Intip Beasiswa Penuh S1 Hingga S3 di Turki

Di Finlandia memiliki aturan yang ketat yakni tidak memasang biaya pendidikan yang tinggi. Sekolah dimanapun dianggap sama, mereka tak mengenal sekolah unggul atau favorit. Mau menyekolahkan anaknya di sekolah manapun, orang tua tak perlu pusing memikirkan soal biaya pendidikan, karena semuanya gratis. Tak hanya itu saja, sekolah di Finlandia juga menggratiskan biaya makan siang, transportasi dan kesehatan.

3. Tidak ada PR

Di Finlandia sekolah dimulai saat para siswa berumur 7 tahun. Saat tahun pertama sekolah, PR tak pernah diberikan dan jam sekolah sangat pendek.

Baca Juga: Berawal Main Petak Umpet, Bocah 15 Tahun Ini Tiba-Tiba Pindah Negara

Hal tersebut dilakukan agar para siswa dapat bermain dan belajar mengembangkan hobi di luar sekolah. Hal ini juga berpengaruh pada tingkat harapan hidup yang tinggi.

4. Guru wajib magister

Guru Finlandia sangat terlatih melalui gelar master wajib. Guru diberikan kebebasan dengan merencanakan pengajaran dan sumber daya mereka sendiri.

Tantangannya adalah masing-masing guru harus menyesuaikan pengajaran dari berbagai jenis peserta didik. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga