adplus-dvertising

Anak Ini Terpaksa Jual Kerang Kalandue karena Putus Sekolah

Tim Telisik, telisik indonesia
Kamis, 24 November 2022
223 dilihat
Anak Ini Terpaksa Jual Kerang Kalandue karena Putus Sekolah
Berhenti di sekolah dasar, Rahma Hidayat terpaksa membantu ayahnya jualan kerang Kalandue (Polymesoda erosa). Foto: Kardi/Telisik

" Dalam hidup kita tidak bisa pungkiri bahwa pendidikan sangatlah penting. Untuk maju dan berkembang perlu pendidikan yang baik "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam hidup kita tidak bisa pungkiri bahwa pendidikan sangatlah penting. Untuk maju dan berkembang perlu pendidikan yang baik.

Namun terkadang untuk menempuh pendidikan layak yang dapat menunjang perbaikan ekonomi, membutuhkan pula ekonomi yang baik.

Salah satunya, Rahma Hidayat (14) harus mengurungkan impiannya untuk bersekolah karena orang tua tidak mampu untuk membiayai.


Baca Juga: Tetap Bersyukur Meski Serba Kekurangan

Ia bersekolah hanya sampai kelas 6 sekolah dasar (SD), ia memiliki keinginan untuk melanjutkan sekolah namun orang tua tidak memperbolehkannya. Terpaksa ia harus membantu orang tuanya bekerja.

Keseharian Rahma Hidayat membantu orang tuanya dengan menjual Kerang Kalandue (Polymesoda erosa) hasil tangkapan ayahnya.

Ia menjual di Jalan Tapak Kuda, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari yang berada di depan SPBU Tapak Kuda.

"Setiap hari jualan kerang begini kadang baku ganti dengan kakak, tapi kakak sedang sakit," ucapnya, Kamis (24/11/2022).

Baca Juga: Suami Sakit Paru-Paru, Istri jadi Tulang Punggung Keluarga Sebagai Pemulung

Terkadang Rahma harus membantu ayahnya mencari kerang laut. Ia memiliki seorang kakak dan adik yang masih duduk di bangku SD. Kakaknya memiliki nasib yang sama dengan dia yang harus berhenti di kelas 6 SD.

"Saya terpaksa tidak melanjutkan sekolah anak saya, karena tidak mampu untuk membiayai," ucap Hamzah selaku ayah Rahma.

Pekerjaan orang tua Rahma, mencari kerang Kalandue (Polymesoda erosa) setiap harinya dan menjualnya. Pekerjaan ayahnya itu sudah berjalan 20 tahun. (A)

Penulis: Kardi

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga