adplus-dvertising

Anak Kelas 5 SD Mulung untuk Beli Baju Seragam Sekolah

Nadwa Rifada, telisik indonesia
Selasa, 10 Mei 2022
935 dilihat
Anak Kelas 5 SD Mulung untuk Beli Baju Seragam Sekolah
Aulia, anak kelas 5 SD yang berumur 11 tahun sedang duduk beristirahat di pinggir jalan raya. Ia yang mengenakan kerudung merah dengan baju kaos berlengan pendek terlihat kelelahan setelah jauh berjalan kaki untuk memulung dari daerah Kecamatan Baruga hingga Wua-Wua. Foto: Nadwa Rifada/Telisik

" Dengan pendidikan, kehidupan seseorang dapat menjadi lebih baik, termasuk bagaimana terbentuknya karakter seseorang "

KENDARI, TELISIK.ID - Pendidikan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kehidupan seseorang. Dengan pendidikan, kehidupan seseorang dapat menjadi lebih baik, termasuk bagaimana terbentuknya karakter seseorang.

Namun, terkadang nasib memaksa sebagian anak tidak memiliki pendidikan dan sebagian yang lain harus berhenti di tengah-tengah mereka menuntut ilmu.

Aulia adalah seorang anak berusia 11 tahun. Ia merupakan salah satu murid kelas 5 SDN 9 Kendari di Kecamatan Baruga. Dalam kesehariannya, Aulia menyempatkan untuk memulung setiap selesai pulang sekolah atau saat liburan sekolah tiba.


Ia memang berbeda dengan kebanyakan anak-anak perempuan sebayanya. Aulia rela memulung hampir setiap hari. Bermodalkan karung berwarna putih, ia menyusuri setiap jalan raya yang dilewatinya untuk bisa mengumpulkan berbagai barang bekas yang memiliki nilai jual.

Aulia melakukan pekerjaan memulungnya dengan berjalan kaki dari Kecamatan Baruga hingga akhirnya kelelahan dan memilih duduk beristirahat tepat di pinggir jalan depan kantor Telkomsel.

Baca Juga: Jadi Tukang Lap Kaca Mobil untuk Bantu Kehidupan Keluarga

Ia sama sekali tidak malu, meski menjadi anak seorang pemulung dan mengikuti jejak kedua orang tuanya mengumpulkan sampah setiap hari. Walau hanya bisa mengumpulkan Rp 60.000 setiap Aulia tetap bisa tersenyum.

"Saya tidak punya seragam sekolah. Jadi uang memulung saya tabung untuk beli baju batik sama baju olahraga," ungkap Aulia sambil tersenyum malu-malu, Selasa (10/5/2022).

Baca Juga: Ingin Beli Handphone untuk Belajar Online, Bocah Ini Rela Jualan Minuman Keliling

Aulia tinggal bersama bapak dan ibunya beserta seorang saudara laki-laki yang bernama Aril yang juga kelas 5 SD di daerah Kecamatan Baruga. Meski memiliki orang tua yang bekerja sebagai pemulung, Aulia dan Aril tetap masih bisa bersekolah dan melanjutkan pendidikan.

Ketika anak lain sibuk bermain saat setelah pulang sekolah dan berlibur, Aulia sibuk dengan botol bekas dan kardus demi mampu membeli baju seragam sekolah.

Ia memang hanya anak kelas 5 SD, namun cita-citanya yang besar ingin menjadi seorang guru yang bisa mengajar dan bermanfaat untuk orang lain kelak, adalah wujud dari rasa suka Aulia terhadap pendidikan. (A)

Reporter: Nadwa Rifada

Editor: Kardin

Baca Juga