Anak Muda Dukung Ekonomi Kreatif Lewat Karya Film

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Selasa, 06 Desember 2022
0 dilihat
Anak Muda Dukung Ekonomi Kreatif Lewat Karya Film
Produser Indonesiana.tv Lianto Luseno bersama mahasiswa Jurnalistik UHO dalam kuliah umum dan workshop produksi audio visual dan ekonomi kreatif. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Pemerintah terus konsisten mendukung pertumbuhan industri kreatif dan menjadikan industri kreatif sebagai salah satu sektor yang bisa menjadi pendukung pertumbuhan ekonomi nasional "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah terus konsisten mendukung pertumbuhan industri kreatif dan menjadikan industri kreatif sebagai salah satu sektor yang bisa menjadi pendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Film menjadi bagian dari subsektor ekonomi kreatif di Indonesia karena film dapat memiliki potensi yang bisa dikembangkan menjadi lebih baik oleh anak muda melalui karya-karyanya di bidang perfilman.

Untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif, Prodi Jurnalistik Universitas Halu Oleo (UHO) menghadirkan produser film Indonesiana.tv untuk memberikan ilmu tentang film kepada mahasiswa atau anak muda yang siap berkarya dalam bidang film.

Baca Juga: Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara Deteksi Dini Kanker Serviks melalui iVA

Produser indonesiana.tv Lianto Luseno mengatakan, sektor ekonomi kreatif sudah menjadikan film sebagai slaah satu subsektor dalam menopang perkembangan perekonomian Indonesia.

"Sekarang mahasiswa atau anak muda ini harus sudah punya karya dalam bentuk apa pun terutama dalam bentuk film, karena anak muda sekarang tidak bisa hanya bermodal ilmu saja tanpa karya apapun," ujar Lianto, Selasa (6/12/2022).

Dia menambahkan, anak muda saat ini harus lebih banyak menghasilkan karya dengan pemikiran dan jiwa-jiwa mudanya, ketika mendapatkan ilmu langsung berkarya, tidak ada lagi yang hanya mencari ilmu tanpa berkarya.

Koordinator Prodi Jurnalistik UHO, Marsia Sumule mengatakan, workshop ini tentang ekonomi kreatif di bidang film dan pemateri dari badan sensor film Indonesia.

Baca Juga: Anton Timbang Jabat Ketua Dewan Penasehat Partai Gerindra Sulawesi Tenggara

"Tujuan terlaksananya kegiatan ini agar anak muda atau mahasiswa dan lulusan dari prodi jurnalistik itu memiliki kemampuan yang kreatif, dan tidak terbatas dalam membuat karya ataupun berwirausaha," ujar Marsia.

Workshop ini juga termasuk dalam model pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang saat ini sudah mulai diterapkan di lingkup UHO yang salah satu kinerja utamanya membangun kerja sama dengan pratisi dari pihak luar universitas.

Anak muda atau mahasiswa bisa mendapatkan ilmu dari praktisi dari bidang perfilman yang mempunyai kemampuan dan kompeten di bidangnya. (B)

Laporan: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga