Anak Soekarno Pindah Agama ke Hindu, Ritualnya akan Dilakukan di Bali

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 23 Oktober 2021
0 dilihat
Anak Soekarno Pindah Agama ke Hindu, Ritualnya akan Dilakukan di Bali
Putri Soekarno, Sukmawati. Foto: Repro Tirto.id

" Selama 19 tahun mendampingi di Partai Nasional Indonesia (PNI) dan The Soekarno Center, Sukmawati lebih banyak datang ke pura dan mengikuti acara Hindu serta suka berdiskusi dengan para pemangku maupun pendeta "

BALI, TELISIK.ID - Sukmawati Soekarnoputri dikabarkan akan menjalani prosesi pindah agama ke Hindu. Ia akan melakukan sudhi wadani, di Balai Agung, Singaraja, Buleleng, Bali.

Pengacara Sukmawati Witaryono Reksoprojo mengakui hal ini. Prosesi akan berlangsung 26 Oktober.

Sukmawati disebut sudah cukup lama mendalami ajaran Hindu. Neneknya, Ida Ayu Nyoman Rai Srimben, memang diketahui menganut agama Hindu.

"Ya itu semua melalui proses yang cukuplah," katanya dikutip detik.com, Sabtu (23/10/2021).

"Belum tahu (apakah akan tinggal di Bali). Tapi soal agama itu adalah hak pribadi Ibu Sukmawati, jadi harus kita hormati," ucapnya lagi.

Sementara itu dilansir Cnbcindonesia, hal sama juga dibenarkan penanggung jawab upacara Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa. Pemilihan Balai Agung Singaraja juga perintah beliau.

"Dan kami dari The Soekarno Center diminta untuk menyiapkan acara di Bali. Ya untuk sesajen, untuk ritual, untuk resepsi, semuanya disiapkan dan sudah confirm acaranya," jelas Arya Wedakarna.

Baca Juga: Keluarga Habib Rizieq Shihab dan Habib Bahar Smith Berduka, Siapa Meninggal?

Baca Juga: Kronologis KPK Tetapkan Tersangka Bupati Kuansing Terkait Suap Izin Sawit

Menurutnya, selama 19 tahun mendampingi di Partai Nasional Indonesia (PNI) dan The Soekarno Center, Sukmawati lebih banyak datang ke pura dan mengikuti acara Hindu serta suka berdiskusi dengan para pemangku maupun pendeta.

Menurut Anggota DPD RI Dapil Bali itu, Sukmawati sudah melakukan komunikasi internal dengan keluarga. Dan informasinya, keluarga sudah menyetujui.

Dilansir dari Merdeka.com, Sukmawati Sukarnoputri adalah putri dari presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno. Sukmawati juga merupakan adik dari Megawati Soekarnoputri, mantan Presiden Indonesia.

Sukmawati termasuk tokoh yang sangat memperhatikan sejarah bangsa Indonesia. Pada tahun 2011, beliau menuliskan kesaksian sejarah terkait dengan kehidupannya selama 15 tahun di Istana Merdeka dalam sebuah buku yang berjudul ''Creeping Coup D'Tat Mayjen Suharto''.

Buku ini mengungkapkan kisah hidup Sukmawati sejak dilahirkan di Istana merdeka ketika ayahnya masih menjabat sebagai Presiden Indonesia, hingga usia remaja. Sukmawati juga menceritakan kesaksian sejarahnya terkait kudeta yang dialami Bung Karno pada tahun 1965-1967.

Sukmawati meyakini adanya kudeta yang dilakukan oleh Pangkostrad Mayjen Soeharto (saat itu, yang kemudian menjadi Presiden Soeharto menggantikan Bung karno) bersama anggota-anggota militer lainnya dengan menggunakan Surat Perintah 11 Maret 1966. Dalam pengakuannya, Sukmawati mengaku tidak akan memaafkan Soeharto karena telah melakukan pelanggaran HAM pasca peristiwa 1965. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga