Anggaran KONI Muna Ditambah Rp 5 M, Atlet Dikurangi

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 03 Oktober 2022
0 dilihat
Anggaran KONI Muna Ditambah Rp 5 M, Atlet Dikurangi
KONI Muna, Bachrun Labuta mulai menyiapkan Cabor yang akan berlaga di Porprov. Foto : Sunaryo/Telisik

" Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Muna mendapat tambahan anggaran untuk kebutuhan atlet dalam rangka mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV di Kota Baubau dan Kabupaten Buton, November mendatang "

MUNA, TELISIK.ID - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Muna mendapat tambahan anggaran untuk kebutuhan atlet dalam rangka mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV di Kota Baubau dan Kabupaten Buton, November mendatang.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mengalokasikan tambahan dana sebesar Rp 5 miliar di Perubahan APBD 2022.

Ketua KONI Muna, Bachrun menerangkan, total anggaran untuk KONI sebesar Rp 8,6 miliar. Rinciannya, di APBD Rp 3,6 miliar dan di Perubahan APBD sebesar Rp 5 miliar. Anggaran tersebut di luar bonus atlet peraih medali nantinya.

Baca Juga: Sambut HUT dengan Gerak Jalan, Sejumlah Ruas Jalan di Baubau Macet Parah

"Untuk bonus akan dialokasikan di APBD 2023. Intinya, bonus lebih besar dari Porprov di Kolaka," kata Bacrun, Senin (3/10/2022).

KONI saat ini sudah menyiapkan cabang olahraga (Cabor) yang akan berlaga di Porprov. Dari 39 Cabor, KONI akan mengutus 35 Cabor dengan jumlah atlit 376 orang, 126 pelatih dan 80 panitia. Sedangkan, empat Cabor yang tidak diikutkan adalah golf, softball, panjang tebing dan sepatu roda. Hal tersebut, karena mereka berlatih di luar Muna.

"Kita tidak pangkas Cabornya, tetapi hanya jumlah atletnya dikurangi yang disesuaikan dengan kondisi keuangan," terangnya.

Baca Juga: Sweeping Kendaraan di Buton Utara Mulai Digelar Selama 2 Pekan

Setiap Cabor (selain sepak bola) nantinya, atlitnya tidak boleh lebih dari 10 orang. Karenanya, atlet-atlet yang akan berlaga, harus benar-benar yang berpotensi meraih medali.

"Kita tidak ingin ada sewa-sewa atlet dari luar," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Cabor Persatuan Binaraga Fitnes Indonesia (PBFI) Muna, LM Arwan menerangkan, akan menurunkan atlet sebanyak 9 orang sesuai jumlah nomor yang dipertandingkan. Ia menargetkan dari 9 medali emas yang diperebutkan, PBFI bisa meraih lima.

"Kita target lima medali emas. Saat ini, kami terus berlatih," pungkas Kapolsek Katobu itu. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

Baca Juga