Anggota DPRD Sumatera Utara Ungkap Marak Peredaran Narkoba di Binjai Langkat dan Deli Serdang

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Senin, 16 Oktober 2023
0 dilihat
Anggota DPRD Sumatera Utara Ungkap Marak Peredaran Narkoba di Binjai Langkat dan Deli Serdang
Anggota DPRD Sumatera Utara, Zainuddin Purba melakukan demonstrasi tunggal meminta kepolisian memberantas peredaran gelap narkoba. Foto: Dokumentasi dari tim pendemo

" Anggota DPRD Sumatera Utara, Zainuddin Purba menggelar demo tunggal di Markas Polda Sumatera Utara, Jalan Sisingamangaraja KM 10,5 Medan, Senin (16/10/2023) siang "

MEDAN, TELISIK.ID - Anggota DPRD Sumatera Utara, Zainuddin Purba menggelar demo tunggal di Markas Polda Sumatera Utara, Jalan Sisingamangaraja KM 10,5 Medan, Senin (16/10/2023) siang.

Dalam orasinya, anggota DPRD Sumatera Utara dari Fraksi Golkar ini mengakui banyaknya peredaran narkoba di Kabupaten Langkat, Deli Serdang dan Kota Binjai.

"Kalau gak karena keresahan masyarakat, saya gak akan ke sini melaporkan bebasnya penggunaan narkoba di Binjai, Langkat dan Deli Serdang. Karenanya, ini pertama kali saya berunjukrasa semasa di bawah pimpinan Kapolda yang baru, Irjen Agung Setya Imam Effendi,” ucapnya.

Baca Juga: Spa Vampire di Medan Diduga Sajikan Kusuk Organ Vital Pria, Polisi Ngaku Bakal Cek

Wakil Rakyat ini memberi tempo sebulan agar kepolisian segera memberantas penyalahgunaan narkoba di Kota Binjai, Kabupaten Langkat dan Deli Serdang.

"Jika masih begitu-begitu juga, saya akan berdemo di depan Istana Negara, untuk menyuarakan narkoba ini,” tegasnya.

Hingga kini, penyalahgunaan dan peredaran narkoba semakin bebas dan marak di dua daerah itu tanpa ada tindakan hukum.

Dugaan muncul, itu terjadi karena aparat penegak hukum, diantaranya Pangdam I/BB, Kapolda dan Kepala Badan Narkotika Provinsi (BNNP) tidak serius menuntaskan pemberantasan penyalahgunaan barang haram tersebut.

"Padahal, Presiden Joko Widodo sudah memberikan arahan kepada Panglima TNI, Kapolri, BNN dan jajaran dalam rapat terbatas terkait pemberantasan dan penanganan kasus narkotika di Istana Merdeka, Jakarta 11 September 2023 lalu. Tapi tidak ada hasilnya juga, dua daerah ini masih marak peredaran narkoba," tambahnya.

Kader partai ini mengaku, menyaksikan secara langsung peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Kota Binjai dan Kabupaten Langkat itu.

"Salah satu lokalisasi transaksi narkoba yang masih berjalan dengan aman adalah lokalisasi di Desa Tanjung Pamah, Kecamatan Kutalimbaru, Deli Serdang yang merupakan wilayah hukum Polrestabes Medan. Meski sudah berulangkali digerebek, praktik jual beli narkoba jenis sabu sabu, lengkap dengan alat hisap boong berlangsung aman," tegasnya.

Baca Juga: Bacaleg Diduga Pakai SKT Palsu Lolos, Mahasiswa Demo KPU Kota Medan

Dengan kondisi yang memprihatinkan itu, tampaknya sulit bagi Sumatera Utara turun sebagai provinsi dengan peringkat 1 pengguna narkoba terbanyak di Indonesia.

"Saya juga melakukan aksi meminta agar BNNP Sumatera Utara turun tangan untuk memberantas peredaran gelap narkoba itu," terangnya.

Terpisah, Kabid Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Hadi Wahyudi ketika dikonfirmasi mengaku narkoba musuh bersama dan akan diberantas.

"Narkoba musuh bersama, kami akan menindaklanjuti adanya informasi tentang peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Tapi semua akan dilakukan sesuai dengan prosedur dan proses penyelidikan," terangnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga