Anggota Propam Polres Buton Mendadak Tes Urine, Ini Hasilnya

Febriyani, telisik indonesia
Rabu, 27 September 2023
0 dilihat
Anggota Propam Polres Buton Mendadak Tes Urine, Ini Hasilnya
Puluhan anggota Propam di lingkungan Polres Buton melakukan tes urine. Foto: Ist.

" Puluhan anggota Propam di lingkungan Polres Buton tampak berbaris rapi menunggu giliran. Mereka ternyata hendak melaksanakan tes urine "

BUTON, TELISIK.ID - Puluhan anggota Propam di lingkungan Polres Buton tampak berbaris rapi menunggu giliran. Mereka ternyata hendak melaksanakan tes urine, Rabu (27/09/2023).

Kasat Propam Iptu Hamid Midu mengatakan guna mengantisipasi penyalahgunaan narkoba sejak dini di kalangan Polri, Propam Polres Buton bekerjasama dengan Urkes Polres Buton secara mendadak melakukan pemeriksaan urine terhadap personel Propam.

Satu-persatu anggota yang akan dites untuk memasukkan urine ke dalam botol kecil di toilet dengan pengawasan ketat.

Baca Juga: Nelayan Hilang di Perairan Batu Atas Buton Selatan Ditemukan Selamat di Bulukumba

Sampel urine tersebut langsung diperiksa oleh petugas dari Urkes Polres Buton dan dites di tempat, menggunakan alat pendeteksi rapitest dan hasilnya langsung dapat diketahui.

"Ke depan, kami akan melakukan secara rutin tes urine kepada anggota sebagai upaya pencegahan anggota terlibat peredaran,” katanya.

Ia menambahkan tes urine ini, tidak lain untuk mengetahui jika anggota Propam terlibat narkoba atau tidak.

Baca Juga: Tujuh Hari Hilang, Basarnas Hentikan Pencarian Nelayan di Perairan Batu Atas Buton Selatan

Sementara itu Kapolres Buton, AKBP Rudy Silaen menjelaskan, dari hasil pemeriksaan tes urine terhadap anggota Propam diketahui tidak ditemukan adanya indikasi terhadap pemakaian narkoba dan dinyatakan negatif.

“Hasil pemeriksaan anggota Propam semuanya negatif,” ujar Kapolres.

Tujuan diadakanya test urine ini lanjut dia, guna memastikan anggota bebas dari narkoba, mengingat pengaruh narkoba bagi para anggota Polri akan sangat fatal, terlebih akan sangat mengganggu saat sedang menjalankan tugas di lapangan. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga