Anggrek Sorume Khas Kolaka Timur Menggema di Panggung Miss Mega Bintang Indonesia 2023

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Sabtu, 10 Juni 2023
0 dilihat
Anggrek Sorume Khas Kolaka Timur Menggema di Panggung Miss Mega Bintang Indonesia 2023
Batik motif anggrek sorume khas Kolaka Timur menggema di panggung Miss Mega Bintang Indonesia 2023 by Ivan Gunawan. Foto: Ist.

" Batik motif anggrek sorume asal Kolaka Timur menggema di panggung Miss Mega Bintang Indonesia 2023 by Ivan Gunawan, Jumat (9/6/2023) malam "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Batik motif anggrek sorume asal Kolaka Timur menggema di panggung Miss Mega Bintang Indonesia 2023 by Ivan Gunawan, Jumat (9/6/2023) malam.

Melalui koleksi eksklusif anggrek sorume, Ivan Gunawan ingin memberikan tampilan yang elegan dan mewah dalam desain bercorak bunga anggrek khas Kolaka Timur tersebut.

Ritassya Wellgreat, model asal palembang, menjadi pemenang Miss Mega Bintang Indonesia 2023, pada acara yang diselenggarakan di Ciputra Artpreneur Theater Jakarta, Kamis (8/6/2023) malam.

Di malam penganugerahan ini, Ritassya Wellgreat tampil dengan menggunakan gaun motif sorume rancangan desainer kondang Ivan Gunawan.  

Batik khas Kolaka Timur anggrek sorume tampil elegan dan mewah di panggung Miss Mega Bintang Indonesia 2023. Foto: Ist.

 

Ritassya mengalahkan empat pesain lainnya di babak lima besar, dan dianggap tampil paling konsisten dari babak karantina hingga grand final.

Ketua Dekranasda Kolaka Timur, Hartini Azis mengatakan bahwa kegiatan ini bisa menjadi ajang promosi kain tenun batik khas Kolaka Timur di Indonesia, bahkan dunia.

"Apalagi kegiatan ini merupakan kegiataan yang mengundang banyak perhatian di Indonesia," ujarnya.

Baca Juga: Kenalan dengan Motif Wulele Sorume, Batik Khas Kolaka Timur

Hartini menjelaskan, anggrek sorume adalah anggrek yang dilestarikan di wilayah Kolaka Timur yang kini menjelma menjadi salah satu brand yang elegan dan berciri khas yang dipopulerkan Ivan Gunawaan.

Hartini Azis berharap dengan kolaborasi ini dapat memperkenalkan produk lokal ke kancah yang lebih luas lagi.

"Semoga dengan adanya kolaborasi ini, makin banyak produk-produk lokal yang go nasional maupun internasional," tuturnya di atas panggung.

Sementara itu, Ivan Gunawaan dalam kegiatan tersebut mengapresiasi Dekranasda Kabupaten Kolaka Timur yang terus mengembangkan batik khas Kolaka Timur ini.

"Apresiasi buat Ketua Dekranasda Kolaka Timur atas ide dan gagasannya mengembangkan potensi yang ada di Kolaka Timur," ungkapnya.

Batik motif anggrek sorume khas Kolaka Timur mulai dikenalkan Ivan Gunawan dalam kancah nasional. Foto: Ist.

 

Ivan Gunawan mengatakan, adanya motif sorume di brand miliknya merupakan hasil dari kerja sama dengan Ketua Dekranasda Kolaka Timur.

"Adanya produk ini juga merupakan hasil kerja keras dari ibu Hartini Azis yang mengajak saya berkolaborasi mengenalkan motif sorume ini ke kancah nasional maupun internasional," tutur Ivan Gunawan.

Miss Mega Bintang Indonesia 2023 sendiri jelas Ivan Gunawan, adalah edisi pertama dari kontes kecantikan Miss Mega Bintang Indonesia yang diselenggarakan oleh Yayasan Dunia Mega Bintang di bawah naungan dirinya.

"Pemenang utama dari kontes Ini akan dikirim mewakili Indonesia di ajang Miss Grand International 2023," ujarnya.

Sebagai founder dari Yayasan Dunia Mega Bintang, Ivan Gunawan sendiri yang memilih langsung para kontestan yang telah melalui audisi sejak 23 Desember 2022.

Baca Juga: Tenun Motif Sorume Kolaka Timur Menggema di Indonesia Fashion Week 2023

"Saya mencari dan menemukan sosok wanita Indonesia yang mempunyai potensi di bidangnya masing-masing untuk berprestasi dan membawa nama Indonesia di ajang kecantikan Internasional," ujar Ivan Gunawan .

Lanjut Ivan Gunawan, pemenang dipilih berdasarkan penilaian dari awal mereka terpilih menjadi finalis hingga menuju final. Juri bayangan ada dimana-mana dalam menilai kepribadian, kebersihan dan kemampuan bekerja sama dengan banyak orang.

Sementara itu, Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis mengatakan dengan adanya kegiatan ini, semoga kabupaten Kolaka Timur lebih dapat berkembang lagi dan dikenal sebagai penghasil tenun yang bagus.

"Dengan kegiatan ini kita lebih mengenalkan lagi motif tenun khas Kolaka Timur," tambahnya.

Ia juga berharap agar produksi tenun di Kolaka Timur dapat terus berkembang agar lebih dikenal di masyarakat luas bahkan kalau bisa sampai go Internasional. (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga