adplus-dvertising

Angka Kemiskinan di Wakatobi Capai 14,67 Persen

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Jumat, 12 November 2021
1043 dilihat
Angka Kemiskinan di Wakatobi Capai 14,67 Persen
Bupati Wakatobi Haliana saat melakukan kunjungan kerja di Pulau Kaledupa. Foto: Ist.

" Bupati Wakatobi, Haliana meminta Tim Penggerak PKK untuk berpartisitasi dalam upaya pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyakarat "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Bupati Wakatobi, Haliana meminta Tim Penggerak PKK untuk berpartisitasi dalam upaya pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyakarat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Wakatobi saat memberikan sambutan pada Rakerda TP PKK Kabupaten Wakatobi di Villa Nadila Kecamatan Wangi-Wangi, Jumat (12/11/21).

"Saat ini angka kemiskinan di Kabupaten Wakatobi masih cukup tinggi yaitu kurang lebih 14,67 persen, sehingga hari ini menjadi konsentrasi kita bagaimana untuk membuat program-program kerja yang bisa menurunkan angka kemiskinan," kata Haliana.


Haliana meminta upanya pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, yang mana

gerakan PKK sebagai wadah aktivitas kemasyarakatan harus terus merancang program yang responsif dengan melihat peluang harapan dan tantangan yang berkembang.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara peningkatan program dan kegiatan yang dapat memberdayakan keluarga melalui pendidikan dan keterampilan, problem kesehatan ibu dan anak, meningkatkan ekonomi keluarga, semua sebagai upanya pengentasan kemiskinan.

Hal tersebut merujuk pada Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 36 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 Tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga.

Baca Juga: TPP ASN Muna Masih Dihitung

Baca Juga: Puskesmas Waode Buri Buton Utara Dapat Penghargaan dari Kemenkes RI

Ia berharap dapat dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK di setiap keluarga baik pusat maupun daerah, dengan tujuan untuk membangun generasi yang berkualitas.

"Mempersiapkan peningkatan kapasitas untuk anak laki-laki yang siap masuk lapangan kerja tahun 2022," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Wakatobi, Eliati Haliana mengaku pihaknya memberi dukungan agar masyarakat mampu meningkatkan kreativitas dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga.

Pemberdayaan masyarakat sebagai salah satu solusinya, maka PKK melalui rencana induk dan strategi yaitu terwujudnya keluarga pelopor perubahan dalam pemenuhan sumber daya manusia berkualitas melalui ketahanan ekonomi, revolusi mental, dan lingkungan hidup.

"Dalam ketahanan ekonomi revolusi mental memperkuat pelayanan kesehatan pendidikan sosial dan budaya, serta lingkungan hidup," ungkap Eliati Haliana.

Untuk diketahui, kegiatan Rakerda TP PKK di Wakatobi tersebut diikuti 80 orang yang terdiri dari pengurus TP PKK Kabupaten 32 orang, TP PKK Kecamatan 48 orang.

Kegiatan itu dengan tema 'Kemitraan dan sinergitas menjadi kunci dalam mewujudkan keluarga berdaya dan sejahtera menuju Wakatobi menjadi kabupaten konservasi maritim yang sentosa.' (B)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga