Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo Sepakat Miskinkan Koruptor

Mustaqim, telisik indonesia
Selasa, 12 Desember 2023
0 dilihat
Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo Sepakat Miskinkan Koruptor
Tiga calon presiden, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo saling adu gagasan saat debat capres di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023) malam. Foto: Mustaqim/Telisik

" Ganjar Pranowo bertekad menegakkan hukum secara tegas terhadap para koruptor jika terpilih sebagai presiden dalam Pilpres 2024. Tekad itu diungkapkannya dalam debat perdana calon presiden di KPU RI "

JAKARTA, TELISIK.ID - Ganjar Pranowo bertekad menegakkan hukum secara tegas terhadap para koruptor jika terpilih sebagai presiden dalam Pilpres 2024. Tekad itu diungkapkannya dalam debat perdana calon presiden di KPU RI, Selasa (12/12/2023).

"Kita akan lakukan pemiskinan dan membawa mereka ke Nusakambangan," ujar Ganjar.

Salah satu upaya yang akan dilakukan untuk mengantisipasi korupsi, menurut Ganjar, pejabat di pemerintahan harus mengembangkan meritokrasi. Dia menyebut, pejabat tidak boleh menerima setoran dari bawahan.

"Negara ini dalam 10 tahun terakhir merugi Rp 10 triliun akibat korupsi," kata Ganjar.

Baca Juga: Visi dan Misi Capres: Anies Tegakkan Hukum yang Adil, Prabowo Wakafkan Nyawa Perjuangkan HAM, Ganjar Pemerataan Pembangunan

Menanggapi jawaban Ganjar, capres nomor urut 1, Anies Baswedan, juga berkomitmen melakukan pemiskinan kepada para koruptor.

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menargetkan merevisi Undang-Undang KPK.  "Kami juga akan memberikan reward kepada mereka yang yang melakukan penyelidikan dalam penanganan korupsi, termasuk seluruh rakyat yang terlibat," ujarnya.

Upaya lain yang akan dilakukan Anies bersama Muhaimin dalam pemberantasan korupsi, adalah mematok standard yang tinggi dalam seleksi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Baca Juga: MPR Ingatkan Ancaman Asing dan Ajak Mahasiswa Sebagai Gen Z Gunakan Hati Nurani di Pilpres 2024

Terkait pemberantasan korupsi ini, Prabowo Subianto, sejalan dengan upaya yang akan dilakukan Ganjar. Dia mengakui korupsi sebagai masalah bangsa.

"Korupsi adalah masalah bangsa dan harus diberantas sampai ke akar-akarnya. Kita juga harus perkuat KPK, kepolisian, kejaksaan, termasuk Ombudsman," kata Prabowo.

Menanggapi pernyataan Anies dan Prabowo tersebut, Ganjar menilai bahwa mereka bertiga relatif sepakat dalam pemberantasan korupsi.

"Inilah janji politik kepada rakyat (dalam pemberantasan korupsi). Tapi, kalau tindakannya tidak sama maka kitalah yang dihukum rakyat," ujar Ganjar. (A)

Penulis: Mustaqim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga