Anies Capres, Pendukung NasDem di Indonesia Timur Menurun

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Kamis, 06 Oktober 2022
0 dilihat
Anies Capres, Pendukung NasDem di Indonesia Timur Menurun
Ketum Partai NasDem, Surya Paloh saat deklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres 2024. Foto: Rakyat Merdeka.id

" Keputusan Partai Nasional Demokrat (NasDem) untuk mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden berdampak menurunnya suara partai ini dari Indonesia Timur. Sementara dukungan pemilih dari Indonesia Barat belum mengalami penguatan berarti "

SURABAYA, TELISIK.ID - Keputusan Partai Nasional Demokrat (NasDem) untuk mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden berdampak menurunnya suara partai ini dari Indonesia Timur. Sementara dukungan pemilih dari Indonesia Barat belum mengalami penguatan berarti.

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, melalui kanal Youtube SMRC TV, menunjukan dukungan pada Partai NasDem di Indonesia bagian Timur mengalami penurunan dari 10.8 persen (Mei 2021) menjadi 3,9 persen (Agustus 2022).

"Sementara pada periode yang sama, dukungan pada NasDem di provinsi dengan penduduk terbesar, Jawa Barat, belum mengalami perubahan berarti, dari 0,4 persen menjadi 1,7 persen," jelasnya, Kamis (6/10/2022).

Baca Juga: Sejumlah Kader Mundur, NasDem Sulawesi Tenggara Solid Dukung Anies Baswedan di Pilpres

Deni mengatakan, pencalonan Anies Baswedan sebagai presiden punya dampak terhadap perubahan wajah pemilih NasDem.

“Suara NasDem di Indonesia bagian Timur dan dari kelompok pemilih non muslim mengalami penurunan. Sementara hingga Agustus 2022 belum terlihat ada penguatan dukungan yang signifikan untuk NasDem dari Indonesia bagian Barat dan kelompok pemilih Muslim,” pungkasnya.

Baca Juga: Demokrat Ajak Putra-Putri Terbaik Sulawesi Tenggara Daftar Caleg 2024

Anies Baswedan baru saja dideklarasi sebagai Calon Presiden (Capres) dari Partai NasDem pada Senin 3 Oktober 2022. Penetapan Gubernur DKI Jakarta sebagai bakal Capres itu diumumkan langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022).

"Kenapa Anies Baswedan (sebagai bakal Capres RI). Jawabannya adalah, Why Not The Best," ujar Surya Paloh.

Acara deklarasi Capres RI Pemilihan Presiden 2024 di NasDem Tower ini dihadiri Dewan Pertimbangan, Dewan Pakar DPP Partai NasDem. Para menteri kabinet Indonesia bersatu dari kader NasDem. Pengurus harian DPP Partai NasDem. Serta hadir secara daring para ketua DPW dan DPD Partai NasDem se-Indonesia. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga