Anies: Menang Satu Putaran Bukan Ditentukan Segelintir Orang di Ruang Tertutup, Paloh Bicara Koalisi dengan Megawati

Mustaqim, telisik indonesia
Sabtu, 10 Februari 2024
0 dilihat
Anies: Menang Satu Putaran Bukan Ditentukan Segelintir Orang di Ruang Tertutup, Paloh Bicara Koalisi dengan Megawati
Capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), saat kampanye akbar di Jakarta Internasional Stadium (JIS), Jakarta Utara, Sabtu (10/2/2024). Foto: Mustaqim/Telisik

" Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, tak menyangka kampanye akbar penutup dari rangakaian tahapan kampanye Pemilu 2024 bersama calon wakil presidennya, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Sabtu (10/2/2024) ini dibanjiri jutaan orang "

JAKARTA, TELISIK.ID – Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, tak menyangka kampanye akbar penutup dari rangakaian tahapan kampanye Pemilu 2024 bersama calon wakil presidennya, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Sabtu (10/2/2024) ini dibanjiri jutaan orang.

Kapasitas tampung JIS maksimal 82.000 penonton. Namun, karena sangat banyak pendukung yang masih berjubel di luar JIS, terpaksa mereka hanya bisa menyaksikan orasi politik Anies dari luar JIS lewat tiga layar lebar yang sudah disediakan sehari sebelumnya.

Anies mengaku bangga dan terharu atas kehadiran para pendukung pasangan capres-cawapres AMIN di JIS dari berbagai wilayah di Tanah Air.

Dia meyakini hadirnya jutaan pendukung ini memberi pesan bahwa rakyat menginginkan perubahan.  

“Cukup digambarkan kita semua bisa merasakan, tidak ada hati yang tidak tergetar menyaksikan jutaan orang memilih untuk datang secara sukarela dan mereka bukan terpaksa, bukan dibayar,” ujar Anies saat orasi kampanye akbar ‘Kumpul Akbar Ber1 Berani Berubah’ di JIS, Sabtu (10/2/2024).

Baca Juga: Kampanye Akbar AMIN di JIS Dipadati Jutaan Orang, Massa Datang Sejak Jumat Malam

Anies mengaku sudah merasakan kerinduan untuk bertemu langsung dengan massa pendukungnya di JIS. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, pada Sabtu dini hari dirinya baru tiba dari Surabaya. Dia tidak langsung pulang ke rumah tapi memilih menginap di sebuah hotel dekat JIS.  

“Kurang lebih setengah satu malam dari Surabaya, kami menginap di seberang JIS supaya tinggal nyebrang. Tinggal nyebrang itu perjalanan dua jam (karena jalanan sekitar JIS dipadati massa dan kendaraan,” tuturnya.

Kepada massa pendukungnya, Anies mengingatkan tentang opini yang dibangun kubu capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, yang sangat yakin menang Pilpres 2024 satu putaran.

Anies menegaskan, membangun opini menang satu putaran sangat bergantung pada kehendak rakyat. Dia percaya bahwa rakyat Indonesia akan menghadapinya dengan hati nurani dan juga akan  melawannya dengan hati nurani.

“Rakyatlah yang menentukan arah masa depan, bukan segelintir orang di ruang tertutup yang tak terlihat dari publik,” tegas Anies.

Gagasan perubahan yang diperjuangkan bersama Cak Imin dan partai politik pengusung pasangan AMIN, Anies meyakini mendapat dukungan penuh dari mayoritas rakyat Indonesia.

Mantan Menteri Pendidikan ini pun percaya para penyelenggara negara seperti ASN, TNI, dan Polri punya harapan yang sama pada gagasan perubahan.  

“Walaupun menghadapi tekanan-tekanan yang tak terlihat, mereka (ASN, Polri dan TNI) akan menjaga sumpah jabatan mereka, akan menghidup-hidupkan hati nurani dan mereka akan ikut menentukan Indonesia ke depan dengan menjaga kehormatan,” tegasnya.

Selama hampir sepuluh tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Anies mengatakan rakyat kebanyakan diliputi rasa takut untuk menyuarakan pendapat. Dia menyebutnya tidak ada lagi kebebasan mengkritik.

“Kita kembalikan Indonesia sebagai negeri yang tidak menakutkan kepada siapapun, negeri yang tidak mengancam kebebasan mengkritik,” ujarnya.

Karena itu, Anies meminta seluruh pendukungnya memperjuangkan gagasan dan gerakan perubahan. Menurutnya, perubahan tidak akan datang begitu saja melainkan harus diperjuangkan sampai  tuntas.

Gerakan perubahan ini, menurut Anies, akan ditentukan pada 14 Feruari 2024 saat hari pemungutan suara di tempat pemungutan suara (TPS).

Bersama Cak Imin, Anies berjanji berkomitmen menjaga amanah yang telah diberikan oleh masyarakat di seluruh provinsi di Indonesia yang dikunjungi selama berkampanye.

“Masyarakat tidak ingin dikhianati. Kami membawa etika, kehormatan, berdasarkan rasa kecintaan terhadap Republik Indonesia,” tegas Anies.

Menanggapi opini menang satu putaran yang digaungkan oleh pasangan Prabowo-Gibran dan tim kampanye nasional (TKN), Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, menilai terlalu berlebihan dan mengabaikan peluang pasangan AMIN.

Paloh tidak mau ambil pusing terhadap opini menang satu putaran, termasuk beberapa hasil survei yang menempatkan pasangan AMIN berada di bawah Prabowo-Gibran.

“Betapa besarnya peran dan partisipasi publik itu saja saya pikir sudah merupakan satu awal yang menandakan bahwa pasangan AMIN mendapat tempat di hati publik,” tegas Paloh di JIS.

Paloh kembali mengenang keputusannya untuk menduetkan Anies-Cak Imin. Dia mengaku, keputusannya itu didasarkan karena banyak persoalan bangsa dan negara yang harus diatasi sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas calon presiden-wakil presiden.

“Sejujurnya saya sudah membayangkan itu. Karena saya tahu bagaimana harapan dari masyarakat itu sendiri, itulah yang saya pahami,” jelasnya.

Kalaupun hasil Pilpres 2024 terjadi dua putaran, Paloh mengatakan tak menutup kemungkinan untuk berkoalisi dengan pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

“(Koalisi) Itu mat sangat (mungkin), harusnya demikian dan itu bisa juga disadari oleh semua pihak, karena begitu besar permasalahan yang kita hadapi untuk bisa menjalankan roda adminstrasi pemerintahan,” ujar Paloh.

Peluang berkoalisi dengan capres-cawapres yang diusung oleh PDIP, menurut Paloh, sudah terbuka jalan meski dirinya dengan Megawati Soekarnoputri masing-masing sibuk sehingga belum punya waktu yang tepat untuk bertemu membahas lebih dalam.

Paloh menilai dirinya punya kesamaan dengan Megawati untuk membangun dan menjaga demokrasi yang lebih baik di Indonesia.

“Harapanya sama, pada diri Mbak Mega (Megawati Soekarnoputri, red) dan saya, pastilah mempunyai suatu semangat keutuhan bangsa ini harus mampu bisa kita pertahankan,” ujarnya.

Setelah berakhirnya masa kampanye pada Sabtu (10/2/2024) ini, seluruh kontestan Pemilu 2024 tidak dibolehkan lagi melakukan kampanye terbuka maupun tertutup selama masa tenang hingga hari pemungutan suara.

Masa tenang dimulai Minggu sampai Selasa (11-13/2/2024). Sehari kemudian yakni 14 Februari 2024 adalah hari pemungutan suara di masing-masing TPS.

Baca Juga: Kampanye Akbar AMIN di JIS Dihadiri Jutaan Peserta, Anies: Tak Dapat Tiket Tetap Bisa Hadir

Cawapres pasangan Anies, Cak Imin, meminta para pendukung, relawan, dan simpatisan, memperbanyak doa selama masa tenang agar penyelenggaraan Pemilu 2024 terhindar dari kecurangan.

“Kami mengonsentrasikan diri untuk doa bersama di berbagai tempat. Saya sendiri dalam dua hari ke depan akan berkumpul dengan para kiai untuk berdoa agar semuanya lancar, aman, dan tidak ada kecurangan,” tutur Cak Imin di JIS.

Cak Imin juga mendoakan pihak yang telah berbuat maupun berniat untuk melakukan kecurangan agar diberi hidayah oleh Allah SWT untuk mengurungkan tindakan curangnya.

Ketua Umum DPP PKB ini berharap Pemilu 2024 hasilnya objektif dan punya legitimasi yang kuat bagi pemenang.

“Semua usaha untuk menyelenggarakan pemilu dengan jujur dan adil akan menghasilkan pemimpin yang amanah dan berkompeten untuk membangun bangsa dan negara Indonesia ke depan,” ujarnya.

Cak Imin sangat yakin pasangan AMIN akan memenangkan Pilpres 2024 tanpa diwarnai kecurangan. (A)

Reporter: Mustaqim

Editor: Fitrah Nugraha

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga