Anies Titip Pesan Masyarakat pada Jokowi dan Aparat Negara Jaga Netralitas

Mustaqim, telisik indonesia
Senin, 30 Oktober 2023
0 dilihat
Anies Titip Pesan Masyarakat pada Jokowi dan Aparat Negara Jaga Netralitas
Presiden Jokowi menjamu makan siang tiga bakal calon presiden, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/10/2023). Foto: Antara

" Bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, menitipkan pesan pada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar menjaga netralitas aparat negara dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 "

JAKARTA, TELISIK.ID - Bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, menitipkan pesan pada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar menjaga netralitas aparat negara dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Harapan itu disampaikan Anies saat makan siang bareng Jokowi bersama dua bacapres lainnya, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/10/2023).

Anies meyakini, Jokowi akan bersikap netral dalam Pemilu 2024. Dia mengatakan, netralitas itu merupakan harapan dari masyarakat yang ditemuinya saat berkunjung ke beberapa daerah di Tanah Air.  

“Tadi saya sampaikan kepada Bapak Presiden bahwa masyarakat mencintai beliau. Saya juga menyampaikan bahwa masyarakat sangat menginginkan adanya netralitas dari aparat negara dalam Pemilu 2024,” ungkap Anies kepada wartawan usai dijamu makan siang oleh Jokowi.

Baca Juga: Presiden Makan Siang Bersama 3 Bacapres di Istana, Kader PDIP Ini Sebut Jokowi Tak Mungkin Netral

Anies menyatakan percaya, Jokowi akan menegaskan pesan yang dititipkannya di sela jamuan makan siang tersebut kepada seluruh jajaran dan aparat pemerintahan di seluruh Indonesia. Merespon pesan dari masyarakat, menurut Anies, Jokowi berjanji akan mengumpulkan seluruh aparat negara.

“Beliau (Jokowi) akan mengumpulkan TNI, Polri, aparatur sipil negara (ASN) dan akan menyampaikan netralitas ini,” ujar Anies.

Sementara mengenai tim pemenangannya bersama bacawapres Muhaimin Iskandar, Anies mengatakan, timnya sudah terbentuk dan sudah bekerja sejak berbulan-bulan.

“Kapten kita itu ada di kampung-kampung, desa-desa, kompleks-kompleks. Sudah bekerja berbulan-bulan. Itulah kapten pemenangan kita, ini bukan superhero, tetapi Avengers yang ada banyak orangnya. Tinggal nanti pengumuman saja,” jelas Anies tanpa menyebut ketua tim pemenangan pasangan Anies-Muhaimin atau AMIN.

Bacapres Ganjar Pranowo mengemukakan hal yang sama. Mantan Gubernur Jawa Tengah ini mengakui, netralitas ASN merupakan hal penting dalam demokrasi Indonesia saat Pemilu.

“Demokrasi kalau tidak ada netralitas (ASN) menjadi sangat parsial pasti, menjadi berat sebelah,” katanya.

Ganjar menilai Jokowi merupakan sosok yang baik dan konsisten untuk mendukung serta melaksanakan sistem demokrasi yang baik. Pesan lain yang disampaikan Jokowi kepada tiga bacapres, menurut Ganjar, adalah pentingnya menjaga komunikasi dengan baik.

“Tadi kita bertiga ngobrol bareng. Bapak Presiden tahu persis, Pak Presiden mencoba untuk kita selalu bisa berkomunikasi dengan baik,” kata Ganjar.

Atas dasar itu, Ganjar mengajak seluruh kontestan Pemilu 2024 bersama-sama menjaga agar pesta demokrasi berjalan damai.

Baca Juga: Anthropic Sebut AI Bisa Musnahkan Manusia, Namun Diguyur Dana Rp 31,8 Triliun dari Google

Lalu, menu apa saja yang disajikan saat makan siang Jokowi bareng tiga bacapres? Prabowo seusai makan siang, kepada para wartawan, sempat menyebut menu yang disajikan.

“Ada soto, lontong, cumi, dan ada juga sayur. Menunya enak,” bebernya.

Sementara Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, menyebut beragam menu yang disajikan oleh Istana Merdeka.  

“Menu makan siang Bapak Presiden dengan tiga bacapres hari ini di Istana Merdeka, Senin, 30 Oktober 2023: nasi putih, soto lamongan, ayam kodok, sapi lada hitam, bebek panggang, cumi goreng, udang goreng telur asin, kaylan cah sapi, es laksamana mengamuk (es mangga kuini yang dicampur dengan santan dan gula) dan jus jeruk,” urai Ari dalam keterangan tertulis kepada wartawan. (A)

Reporter: Mustaqim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga