Anjuran Perbanyak Istighfar di Malam Nisfu Syaban

Haerani Hambali, telisik indonesia
Kamis, 17 Maret 2022
0 dilihat
Anjuran Perbanyak Istighfar di Malam Nisfu Syaban
Perbanyak beristighfar di malam Nisfu Syaban. Foto: Repro Nu Online

" Sebagai umat Islam, pada malam Nisfu Syaban sangat dianjurkan untuk memperbanyak memohon ampunan kepada Allah Ta’ala atau beristighfar "

KENDARI, TELISIK.ID - Malam Nisfu Syaban 1443 H jatuh pada Kamis (17/3/2022) malam ini. Malam ini merupakan salah satu malam yang mulia, malam yang penuh berkah dan rahmat, merupakan waktu pembebasan dari api neraka dan pengampunan segala dosa.

Hal tersebut disebutkan dalam sebuah hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam:

"Allah menghadirkan malam Nisfu Syaban kepada semua makhluk-Nya dalam rangka Allah Ta’ala mengampuni segala dosa dan kesalahan yang telah diperbuat semua makhluk-Nya tersebut, kecuali orang yang musyrik (menyekutukan Allah) dan musyahin (orang yang menyebabkan permusuhan)". (HR Imam Thabrani dan Ibnu Hibban sebagaimana dikutip Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki, Maa Dzaa fi Sya'ban).

Karena itu, kita sebagai umat Islam pada malam Nisfu Syaban sangat dianjurkan untuk memperbanyak memohon ampunan kepada Allah Ta’ala atau beristighfar.

Istighfar memiliki banyak keutamaan, apalagi hal tersebut dilakukan sebanyak mungkin. Bukan saja kita diampuni oleh Allah Ta’ala dari segala macam dosa, tetapi juga banyak hal positif dan manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari beristighfar.

Mengutip Nu Online, Sayyid Muhammad al-Maliki menegaskan bahwa istighfar dapat memperlancar rezeki, melebur segala dosa, melepaskan penderitaan, menghilangkan kesusahan, dan menolak gundah gulana.

Hal tersebut didasarkan pada banyak hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam, di antaranya hadis yang diriwayatkan oleh Imam Abu Daud, Imam Ibnu Majah, Imam An-Nasai, dan Imam Al-Hakim berikut.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda: "Siapa yang melanggengkan istighfar, Allah akan menjadikan untuknya dari setiap kesulitan menjadi kebahagiaan, dari setiap kesempitan menjadi solusi jalan keluar, dan rezekinya dari hal yang tak diduga-duga."

Baca Juga: Malam Ini Nisfu Syaban, Malam Penuh Ampunan, Disunahkan Lakukan Amalan Ini

Maka tidak aneh bila Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam menegaskan, kebahagiaan bagi mereka yang gemar beristighfar sebagaimana termaktub dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah disebutkan, bahwa Rasulullah bersabda:

"Berbahagialah orang yang dalam catatan amalnya terdapat banyak istighfar."

Adapun lafal istighfar yang paling mudah dan biasa dibaca adalah:

"Astaghfirullaahal 'adhim".

Baca Juga: Diajarkan Rasulullah, Ini Doa Terbebas dari Kebingungan dan Lilitan Utang

Artinya: "Saya memohon ampunan kepada Allah Yang Mahaagung."

Selain beristighfar, dilansir dari Republika.co.id dalam buku Malam Nishfu Syaban karya Hanif Luthfi dijelaskan, para ulama Islam umumnya memanjatkan doa di malam Nisfu Syaban. Imam baihaqi meriwayatkan dari Ibnu Umar bahwa pada lima malam yang termasuk malam dikabulkannya doa.

“Lima malam yang mana doa tidak akan ditolak, malam Jumat, malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Syaban, malam Idul Fitri, dan malam Idul Adha”. (C)

Reporter: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga