adplus-dvertising

Antam Dukung Pembangunan Ekonomi di Wilayah Operasi

Musdar, telisik indonesia
Senin, 08 Agustus 2022
324 dilihat
Antam Dukung Pembangunan Ekonomi di Wilayah Operasi
Bantuan CSR Antam berupa 1 unit truk dan bak sampah untuk masyarakat di wilayah operasi. Foto: Ist.

" Sebagai perusahaan pertambangan skala internasional, PT Antam memastikan kegiatan usahanya tidak hanya berorientasi profit atau keuntungan semata "

KOLAKA, TELISIK.ID - Sebagai perusahaan pertambangan skala internasional, PT Antam memastikan kegiatan usahanya tidak hanya berorientasi profit atau keuntungan semata, namun lebih dari itu Antam selalu memastikan kegiatan operasi perusahaan berjalan beriringan dengan tingkat kesejahteraan masyarakat, utamanya di sekitar wilayah operasinya.

Komitmen ini telah dibuktikan Antam dengan memberikan dukungan terhadap upaya perbaikan dan peningkatan taraf hidup masyarakat melalui Corporate social responsibility (CSR) perusahaan yang dilaksanakan setiap tahun.

Sejak bertahun-tahun lalu, dukungan Antam terhadap pembangunan masyarakat telah direalisasikan dengan berkontribusi pada sektor-sektor usaha ekonomi, sektor sosial budaya, pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan kegiatan lingkungan.


Selain itu, Antam juga turut berpartisipasi dalam pengembangan potensi sumber daya aparatur pemerintah desa dan lurah di Kecamatan Pomalaa Kabupaten Kolaka sebagai ring satu areal operasi perusahaan. Kontribusi itu direalisasikan dengan memberikan dukungan penganggaran kegiatan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah desa/kelurahan.

Baca Juga: Dermaga Tak Bertuan Hingga Kasus Kecurian Pagar DPRD Jadi Tuntutan APBD Buton Selatan

Untuk memastikan alokasi anggaran yang bersumber dari Antam tidak tumpang tindih dengan anggaran yang dimiliki pemerintah desa, maka sejak tahun 2017, Antam telah menginisiasi program Musyawarah Rencana Pembangunan Pomalaa (Musrempom) untuk menyerap aspirasi masyarakat melalui pemerintah desa/kelurahan.

Di tahun 2021, realisasi Musrempom Antam bersama pemerintah desa dan kelurahan di Kecamatan Pomalaa adalah membiayai pembuatan jalan usaha tani sepanjang 350 meter di Desa Oko-Oko serta pemasangan pintu, plafond dan pembuatan sumur bor di masjid Miftahul Jannah Desa Sopura.

Selain itu, Antam juga mensupport anggaran pembangunan mushola di SDN 1 Hakatutobu, membiayai pembangunan jembatan wisata biota laut sepanjang 70 meter di Desa Tambea, memasang 12 titik lampu penerangan jalan umum di Desa Tambea serta pengadaan mobil sampah dan bak sampah di Kelurahan Pomalaa, Tonggoni, Kumoro dan Dawi-Dawi.

Baca Juga: Ekonomi NTT Tahun 2022 Tumbuh 3,01

Selanjutnya, Antam juga membiayai pembangunan satu unit ruang pelayanan di kantor Desa Pelambua, pemasangan kubah masjid Al Muhajirin Desa Pelambua, pembangunan Kantor Desa Totobo, pembangunan gedung pertemuan Desa Pesouha, pemasangan instalasi pipa air bersih sepanjang 1800 meter di Desa Huko-Huko, pembuatan drainase drainase sepanjang 104 meter di BTN Wirabuana Desa Huko-Huko, termasuk pemasangan plat beton bertulang.  

Antam memastikan seluruh pelaksanaan kegiatan pembangunan tersebut berjalan baik. (C-Adv)

Penulis: Musdar

Editor: Kardin

Baca Juga