adplus-dvertising

Anthony Ginting Hadapi China Hari Ini, Bisakah Melenggang ke Final?

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 01 Agustus 2021
1156 dilihat
Anthony Ginting Hadapi China Hari Ini, Bisakah Melenggang ke Final?
Pemain badminton Indonesia, Anthony Ginting. Foto: Repro AFP

" Anthony Sinisuka Ginting menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang akan bertanding di cabang olahraga badminton Olimpiade Tokyo 2020. "

TOKYO, TELISIK.ID - Anthony Sinisuka Ginting menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang akan bertanding di cabang olahraga badminton Olimpiade Tokyo 2020, Minggu (1/8/2021).

Ginting akan memainkan pertandingan di fase gugur semifinal Olimpiade Tokyo menghadapi wakil China, Chen Long. Pertandingan yang digelar di Musashino Sports Plaza diperkirakan akan dimulai pukul 13.50 waktu setempat atau sekitar pukul 11.50 WIB.

Ginting lolos ke semifinal Olimpiade Tokyo usai mengalahkan unggulan ketiga asal Denmark, Anders Antonsen di babak perempat final. Pemain tunggal putra unggulan kelima itu menang lewat tiga game dengan skor 21-18, 15-21 dan 21-18, Sabtu (31/7/2021).


Dilansir dari Cnnindonesia dan Cnbc, Lolosnya Ginting ke semifinal Tokyo 2020 sekaligus mengakhiri kutukan 17 tahun tunggal putra Indonesia di Olimpiade. Ia menjadi tunggal putra pertama Indonesia yang berhasil lolos ke semifinal setelah era Taufik Hidayat dan Sony Dwi Kuncoro di Olimpiade Athena 2004.

Sedangkan Chen Long lolos ke semifinal usai memulangkan Chou Tien Chen juga lewat rubber game, 21-14, 9-21, dan 21-14.

Ginting tercatat lebih unggul dari Chen Long, baik dari head to head maupun ranking dunia di BWF. Di BWF ranking, Ginting berada di urutan kelima atau satu tingkat di atas Chen Long di peringkat keenam.

Dalam 12 pertemuan sebelumnya, Ginting tercatat menang sebanyak delapan kali dan empat lainnya dimenangkan Chen Long. Ginting juga punya tren bagus atas Chen Long di tiga pertemuan terakhir.

Baca juga: Rahmat Erwin Abdullah Raih Perunggu di Olimpiade Tokyo, Jokowi Ucapkan Selamat

Baca juga: Dibuang Barcelona dan Ditolak Atletico Madrid, Griezmann Dapat Cinta Tottenham

Tiga pertemuan terakhir Ginting dan Chen Long terjadi di Prancis Open 2019, fase grup BWF World Tour Final 2019 dan semifinal BWF World Tour Final 2019.

Di Prancis Open 2019, Ginting dan Chen Long berjumpa di babak semifinal. Saat itu, Ginting yang menjadi unggulan kedelapan kalah 19-21, 18-21 dari Chen Long yang menempati unggulan kelima.

Kemudian di fase grup B BWF World Tour Final 2019, Ginting menang lewat dua game langsung atas Chen Long 21-12 dan 21-11. Ginting pun lolos dari fase Grup dengan kembali bertemu dengan Chen Long di semifinal.

Ginting melanjutkan tren positif kemenangan atas Chen Long di fase grup ke semifinal dengan skor 21-15 dan 21-15. Setelah itu Ginting dan Chen Long tidak pernah bertemu lagi.

Kondisi pandemi COVID-19 yang membuat banyak turnamen ditunda membuat kedua pemain baru akan berjumpa lagi di semifinal Olimpiade Tokyo 2020.

Sejauh ini, Indonesia tinggal menyisakan dua wakil dari bulutangkis. Selain Ginting di tunggal putra, ganda campuran yang diwakili Greysia Polii/Apriyani Rahayu lolos ke final Olimpiade Tokyo.

Namun, perebutan medali emas ganda putri Olimpiade Tokyo 2020 itu baru akan digelar di Musashino Sports Plaza. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga