adplus-dvertising

Antisipasi DBD, Dinkes Konawe Imbau Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

Aris Syam, telisik indonesia
Minggu, 29 Mei 2022
907 dilihat
Antisipasi DBD, Dinkes Konawe Imbau Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan
Kadis Kesehatan Konawe, dr Mawar saat di wawancara media di kegiatan BIAN. Foto: Aris Syam/Telisik

" Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mengimbau masyarakat agar tetap menjaga kebersihan lingkungan di musim pancaroba saat ini "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mengimbau masyarakat agar tetap menjaga kebersihan lingkungan di musim pancaroba saat ini.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Konawe, dr Mawar mengatakan, memasuki musim pancaroba saat ini, khususnya di Konawe akan berdampak berbagai penyakit yang akan ditimbulkan dan mengancam warga tak terkecuali Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Olehnya itu, Dokter Mawar menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) melalui 3M plus yakni menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, dan mengubur barang bekas.


"Dan diharapkan juga masyarakat kita menjaga kebersihan lingkungan masing-masing agar tidak timbul genangan air yang menjadi tempat jentik nyamuk bersarang," jelas dr Mawar, saat menghadiri pekan imunisasi nasional di SDN 1 Unaaha, Jumat (27/5/2022).

Baca Juga: Tingkatkan SDM, Dikbud Kolaka Utara Kuliahkan 102 Guru PAUD di UM Kendari

Terlebih lagi, lanjut dr Mawar, untuk saat ini sudah ada 3 kasus DBD yang positif ditemukan di Konawe dan berdasarkan hasil laboratorium.

Saat ini, pihaknya telah melakukan pengasapan (fogging) di lokasi tersebut. Untuk mengantisipasi penyebaran DBD agar tidak meluas dan menimbulkan banyak korban.

"3 warga ini berasal dari Kelurahan Laosu dan sekarang sedang dirawat di RS Kendari," imbuhnya.

Baca Juga: Rawan Muncul Preseden Buruk, NU Jawa Timur Tolak Pj Kepala Daerah TNI/Polri Aktif

Doktet Mawar juga berpesan, bagi masyarakat yang mendapatkan kasus DBD di sekitar lingkungannya agar segera melaporkan langsung ke pihak Dinas Kesehatan, sehingga dapat ditindak lanjuti segera.

"Kalau ada terdeksi DBD, segera laporkan supaya langsung kita tindak lanjuti," pungkasnya. (C-Adv)

Penulis: Aris Syam

Editor: Kardin

Baca Juga