Antisipasi Gagal Panen, Dinas PTPH Konawe Dorong Petani Manfaatkan Asuransi

Aris Syam, telisik indonesia
Rabu, 18 Mei 2022
0 dilihat
Antisipasi Gagal Panen, Dinas PTPH Konawe Dorong Petani Manfaatkan Asuransi
Kadis PTPH Konawe, Gunawan Samad, saat menghadiri kegiatan sosialisasi asuransi pertanian. Foto: Ist.

" Untuk mengantisipasi kerugian akibat gagal panen, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Konawe mengajak para petani untuk memanfaatkan Asuransi Usaha Tani Padi "

KONAWE, TELISIK.ID - Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (PTPH) Kabupaten Konawe mengajak para petani untuk mengantisipasi gagal panen dengan memanfaatkan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP).

Hal itu diungkapkan Kadis PTPH Konawe, Gunawan Samad, saat dikonfirmasi Telisik.id, Rabu (18/5/2022).

Gunawan mengatakan, AUTP merupakan bagian dari program pemerintah pusat untuk membantu dan memberikan perlindungan kepada para petani ketika petani mengalami kerugian gagal panen baik karena hama atau faktor iklim.

Lebih lanjut kata Gunawan, untuk saat ini para petani di Konawe mendapatkan kuota asuransi dari Jasa Asuransi Indonesia (Jasindo) seluas kurang lebih 800 Hektare (Ha).

"Hingga saat ini AUTP ini baru tercover di Kecamatan Amonggedo sedangkan Kecamatan Tongauna akan menyusul," jelasnya.

Lebih rinci Gunawan menjelaskan, untuk kelompok tani yang telah diakomodir AUTP di Kecamatan Amonggedo, terdiri dari Taruna Tani dengan luas lahan sawah 13,75 Ha, Terapik 8,75 Ha, Tunas Harapan 3 dengan luas lahan 14,25 Ha dan Tunas Harapan 1 seluas 15,75 Ha. Keseluruhan luasan sawah yang telah diasuransikan seluas 52,5 Ha.

Baca Juga: Anggaran Pengadaan Bibit Kopi di Bombana Fantastis, Capai Rp 9,9 Miliar

Namun tak sampai disitu, pihaknya juga akan terus mengupayakan agar semua petani di Konawe dapat berpartisipasi dalam asuransi tersebut. Sehingga suplus produksi padi di Konawe terus berkembang.

Baca Juga: Aliran Sesat Resahkan Masyarakat, Ini yang Dilakukan MUI Pasuruan

"Karena syaratnya harus tergabung dalam kelompok tani, dan ini akan kita genjot terus para petani agar mau bergabung," tandasnya. (C-Adv)

Penulis: Aris Syam

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga