adplus-dvertising

Antisipasi Sebaran PMK Meluas, Polresta Mallang Kota Gelar Vaksinasi Massal Ternak

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Selasa, 28 Juni 2022
237 dilihat
Antisipasi Sebaran PMK Meluas, Polresta Mallang Kota Gelar Vaksinasi Massal Ternak
Proses vaksinasi terhadap ternak yang dilakukan Polres Malang Kota, untuk mengantisipasi pandemi PMK. Foto: Ist.

" Vaksinasi hewan ternak merupakan langkah dan upaya Polresta Malang Kota membantu pemerintah dalam penanganan kasus PMK "

SURABAYA, TELISIK.ID - Polresta Malang Kota menggelar vaksinasi massal terhadap ternak sebagai antisipasi pandemi PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) terhadap ternak jelang Idul Adha tahun ini.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol. Budi Hermanto mengungkapkan, vaksinasi hewan ternak ini adalah merupakan langkah dan upaya Polresta Malang Kota membantu pemerintah dalam penanganan kasus PMK.

“Sebelumnya Polresta Malang Kota bersama Pemkot Malang sudah berupaya melakukan langkah-langkah yang tujuannya mencegah penyebaran virus PMK ini, mulai dari pembatasan angkutan ternak hingga penyemprotan pada kandang-kandang ternak,” ujar Kombes Budi Hermanto yang akrab disapa Buher, Selasa (28/6/2022).


Buher mengatakan, dengan adanya vaksinasi hewan yang terselenggara saat ini dapat membantu para peternak yang memiliki hewan ternak dalam menghadapi wabah PMK.

Baca Juga: Kominfo Buteng Respon Kolaborasi HIPMI Buteng Kembangkan Edukasi Pemasaran Digital

“Apalagi saat ini kita akan menyambut hari raya Idul Adha 1443 H dan tentunya seluruh peternak harus memperhatikan syarat serta SOP yang berlaku," sambungnya.

Tak hanya itu, lanjut Buher, pihaknya berharap agar para peternak aktif untuk melakukan vaksinasi pada hewan ternak mereka. Sehingga sama-sama saling bahu membahu memberantas wabah PMK.

Baca Juga: Dinas PUPR Muna Barat Tindaklanjuti Pencetakan 400 Hektare Sawah Baru

Sementara itu, di lain tempat, Gubernur  Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta kepada bupati dan wali kota se-Jatim untuk segera turun mengecek dan memantau sentra penjualan hewan kurban yang biasanya banyak dijumpai di pinggir jalan atau tanah lapang.

"Di tengah wabah penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak, kami ingin memastikan bahwa masyarakat Jatim bisa beribadah dengan baik utamanya ketika salat Idul Adha dan dapat melakukan penyembelihan hewan kurban. Sehingga proses penyembelihan sampai penyaluran hewan kurban bisa aman dan higienis," ungkap mantan mensos tersebut saat berada di Malang. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga