Antisipasi Tawuran Pelajar Polisi Bakal Masuk Sekolah

La Ode Andi Rahmat, telisik indonesia
Rabu, 25 Januari 2023
0 dilihat
Antisipasi Tawuran Pelajar Polisi Bakal Masuk Sekolah
Kapolresta Kendari menandatangani deklarasi anti tawuran dan kekerasan siswa/siswi SMP, SMA, SMK dan MA se-Kota Kendari, sebagai bentuk pencegahan terhadap kenakalan pelajar. Foto: La Ode Andi Rahmat/Telisik

" Media sosial dan keterbukaan informasi adalah salah satu faktor utama penyebab sering terjadinya kenakalan remaja khususnya tawuran antar pelajar "

KENDARI, TELISIK.ID - Aksi tawuran akhir-akhir ini kerap melibatkan pelajar, terakhir tawuran melibatkan dua sekolah di Kota Kendari, dan yang terbaru 11 orang geng motor yang diamankan polisi rata-rata merupakan pelajar.

Menanggapi hal itu, pihak kepolisian dan Pemerintah Kota Kendari menggelar deklarasi anti tawuran dan kekerasan siswa/siswi SMP, SMA,SMK dan MA se-Kota Kendari di ruang pola Kantor Balaikota Kendari, Rabu (25/1/2023).

Kapolresta Kendari Kombes Pol Muh Eka Fathurrahman mengatakan bahwa kegiatan deklarasi tersebut akan ditindaklanjuti dengan upaya-upaya konkrit dengan turun langsung ke sekolah.

"Jadi tindak lanjutnya polisi akan masuk langsung ke sekolah," ujar Eka Fathurrahman.

Eka Fathurrahman menjelaskan, media sosial dan keterbukaan informasi salah satu faktor utama sering terjadinya kenakalan remaja khususnya pelajar, sehingga memudahkan terjadi kumpul-kumpul yang rawan berpotensi tindak kriminal.

Baca Juga: Pelajar di Kota Kendari Deklarasi Anti Tawuran dan Kekerasan

Pentingnya peran sekolah dan orang tua pelajar tentu harus dimaksimalkan. Pengawasan guru, memberikan pemahaman kegiatan positif dan peran vital orang tua dalam lingkungan keluarga.

"Orang tua lebih mengawasi anaknya dalam menggunakan handphone serta mengawasi kehiduapan anak, pihak sekolah mesti sering mengadakan silaturahmi dengan sekolah lain," beber Eka Fathurrahman.

Aksi tawuran yang kerap melibatkan pelajar tentu berdampak luas terhadap aktivitas masyarakat, sehingga bukan hanya kepolisian yang memiliki peran, tetapi pemerintah kota memiliki andil penting pula dalam pengendalian aktivitas masyarakat agar berjalan lancar.

Penjabat Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu mengatakan, ketertiban dan keamanan bukan hanya di lingkungan masyarakat saja tetapi lingkungan pelajar juga sangat vital.

Baca Juga: Tawuran Pelajar di Kendari Gunakan Busur dan Parang

"Tentunya dibutuhkan upaya-upaya konkrit guna antisipasi tawuran antar pelajar," ujar Asmawa.

Sementara itu Subhan Ketua DPRD Kota Kendari menilai giat deklarasi salah satu langkah pentinng menciptakan suasana kondusif di lingkungan sekolah Kota Kendari.

"Berpikir bersama, mencegah bersama sehingga sekecil apapun potensi keresahan dapat diambil langkah-langkah antisipasi," beber Subhan. (A)

Penulis: La Ode Andi Rahmat

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga