Antusias Umat Muslim Takbiran Keliling di Reok Manggarai NTT

Berto Davids, telisik indonesia
Sabtu, 22 April 2023
0 dilihat
Antusias Umat Muslim Takbiran Keliling di Reok Manggarai NTT
Umat Muslim memadati rute perjalanan takbiran keliling dengan iring-iringan kendaraan. Foto: Berto Davids/Telisik

" Semua umat Muslim di Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, NTT, menyambut Idul Fitri dengan menggemakan takbir keliling, mengagungkan asma Allah "

MANGGARAI, TELISIK.ID - Setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan, umat Muslim di Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah dengan penuh kebahagiaan.

Semua umat Muslim di wilayah itu menyambut Idul Fitri dengan menggemakan takbir keliling, mengagungkan asma Allah demi menyempurnakan bilangan puasa.

Di malam hari rombongan umat Muslim berkeliling menggelar takbiran, sebuah perayaan yang dilakukan untuk menyambut hari kemenangan.

Kali ini takbiran keliling yang digelar umat Muslim di Reok benar-benar ramai. Lalu lintas yang mengikuti pawai takbiran itu juga terlihat padat merayap.

Antusiasme mereka tahun 2023 ini sangat terasa dan itu dapat terlihat di sepanjang jalan, ratusan warga mengikuti pawai sembari mengucapkan kalimat takbir. Tak hanya orang dewasa, perempuan dan anak-anak pun bersuka cita memeriahkan malam kemenangan.

Baca Juga: Ramainya Takbiran Keliling di Reok, Umat Non Muslim Terlibat Penjagaan

Usai dilepas oleh Plt Camat Reok, Theobaldus Junaidin, para rombongan bergegas keluar dari titik star Masjid Nurul Huda menuju titik akhir Masjid Kedindi. Iring-iringan kendaraan dan lantunan takbir bersahut-sahutan turut meramaikan jalannya pawai itu.

Takbiran ini merupakan takbiran kedua setelah lepas dari masa pandemi COVID-19. Seakan menjadi obat rindu setelah beberapa tahun tidak melaksanakannya.

Mereka berjalan keliling menurut rute yang telah ditentukan panitia idul fitri. Sejumlah petugas gabungan TNI Polri, Pol PP dan Dishub melakukan penjagaan ketat di setiap titik rute yang dilintasi.

Tak ketinggalan juga ada tim Sibat PMI Kecamatan Reok dan pihak Puskesmas Reo yang dengan setia mengawal proses takbiran itu sampai selesai. Rekan-rekan Orang Muda Katolik (OMK), Pemuda Gereja Masehi Injil di Timor (GMIT) dan Remaja Masjid (Remas) saling bekerja sama melakukan penjagaan ketat.

Beberapa petugas gabungan TNI Polri sempat kewalahan saat mengatur arus balik di titik akhir jalur Masjid Kedindi, pasalnya iringan kendaraan yang sudah lebih dulu dilepas bertemu kembali dengan kendaraan yang menyusul dari belakang. Sungguh sangat padat dan ramai.

Baca Juga: Ini Penyebab Listrik Padam saat Malam Takbiran di Kota Kendari, Unaaha, Kolaka Timur dan Sekitarnya

Tetapi Alhamdulliah lalu lintas tersebut kembali berjalan normal seperti biasa meski sempat macet beberapa menit. Dari laporan petugas medis Puskesmas Reo, tidak ada insiden berarti selama jalannya takbiran keliling. Semua peserta takbiran aman dan tidak ada yang luka, apalagi sampai berdarah karena insiden jatuh motor atau kecelakaan lain.

"Hasil pantauan kami di lapangan nihil insiden berarti. Semuanya aman, tidak ada yang luka dan celaka," kata salah satu petugas medis Puskesmas Reo, Frans Pontu Lake saat diwawancarai usai takbiran.

Laporan serupa juga dari petugas gabungan tidak ada insiden yang terjadi. Prosesnya berlangsung lancar dan aman, mulai dari titik star sampai kembali. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga