Apakah Semua TV LED Termasuk TV Digital? Simak Penjelasannya

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Kamis, 03 November 2022
0 dilihat
Apakah Semua TV LED Termasuk TV Digital? Simak Penjelasannya
Saat ini ada beberapa jenis perangkat TV yang sudah mendukung fitur digital, salah satunya TV dengan jenis LED. Foto: Repro Liputan6.com

" Dengan peralihan siaran TV analog ke TV digital ini, masyarakat dapat menikmati tayangan TV dengan kualitas gambar dan suara lebih jernih "

JAKARTA, TELISIK.ID - Dengan peralihan siaran TV analog ke TV digital ini, masyarakat dapat menikmati tayangan TV dengan kualitas gambar dan suara lebih jernih. 

Nah, saat ini ada beberapa jenis perangkat TV yang sudah mendukung fitur tersebut, salah satunya TV dengan jenis Light Emitting Diode (LED). Namun perlu diketahui, tidak semua TV LED merupakan TV digital lho.

Mengutip dari Merdeka.com, TV LED ini merupakan jenis TV yang memiliki keunggulan pada sistem pencahayaan berupa lampu diode. Nah, jenis TV ini tidak ada kaitannya dengan sistem penerimaan sinyal digital atau bisa dinikmati untuk siaran TV digital.

Baca Juga: Perbedaan TV Analog dan Digital, Mana Lebih Baik?

Lain hal dengan TV digital. TV digital memiliki kemampuan menangkap sinyal yang khusus untuk siaran digital. Pengguna TV digital hanya perlu melakukan pencarian siaran TV digital secara otomatis. Tapi jika perangkat televisi tidak memiliki dukungan teknologi tersebut bisa memasang STB yang dijual terjangkau di toko online.

Lalu, ciri-ciri TV LED yang bisa dipakai untuk nonton siaran TV digital?

Dikutip dari Kompas.com, sinyal digital adalah gelombang frekuensi radio yang mengirim konten (audio dan video) dalam format “bit” (digital).

Supaya TV bisa menangkap sinyal itu, diperlukan perangkat receiver atau penerima sistem penyiaran televisi dengan sinyal digital DVB-T2 (Digital Video Broadcasting – Terrestrial second generation).

Fitur DVB-T2 itulah yang menentukkan apakah TV LED sudah digital atau belum. Lalu, bagaimana cara mengecek TV LED sudah digital atau belum? Cara yang termudah adalah dengan melihat keterangan spesifikasi dari TV LED.

Baca Juga: Teknologi Tak Selalu Bikin Bahagia, Negara Ini Contohnya

Bila dalam keterangan spesifikasi itu mencantumkan dukungan DVB-T2 maka TV LED bisa dipastikan adalah TV digital. Sedangkan jika tak tertera keterangan itu, artinya TV LED kemungkinan besar belum bisa untuk menangkap sinyal digital secara langsung.

Selain melalui keterangan spesifikasi, untuk mengetahui TV LED apa saja yang sudah digital, caranya juga bisa dengan mengakses website ini “siarandigital.kominfo.go.id” dan mengetuk menu “Perangkat TV Digital”.

Pada menu dalam website yang dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika itu, dapat dilihat daftar jenis TV dari berbagai merek yang telah mendukung untuk dipakai nonton siaran digital. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Kardin

Baca Juga